Sekda Pastikan Longsor di Desa Pusar Segera Diperbaiki

H Achmad Tarmizi, Sekda Kabupaten OKU. Foto: dok/Palpos.ID

BATURAJA, PALPOS.ID – Terkait longsor yang terjadi di Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU, H Achmad Tarmizi berjanji akan segera memperbaikinya sehingga tidak mengancam keselamatan warga setempat.

“Longsor itu akan kita segera tanggulangi sehingga tidak membahayakan masyarakat,” tegas Sekda OKU, H Achmad Tarmizi, usai menghadiri acara di BIL Hotel Baturaja, Kamis (15/10/2020).

Sementara untuk pembangunan beronjong secara permanen kata Sekda, bakal dianggarkan pada 2021. “Kita sudah intruksikan Dinas PU BM OKU untuk segera menganggarkan pembuatan beronjong di lokasi longsor tersebut,” tegasnya.

Sedangkan terkait musim hujan yang mulai melanda Kabupaten OKU sejak beberapa hari ini, Sekda mengimbau agar masyarakat proaktif menggalakan kegiatan gotong royong membersihkan pemukiman masing-masing guna mencegah banjir.

Selain itu lanjut Sekda, warga juga dihimbau agar jangan membuang sampah sembarangan sehingga tidak menyebabkan penyumbatan di parit, gorong-gorong maupun membuat kotor Sungai Ogan.

“Kita juga sudah intruksikan kepada instansi terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU agar siaga 24 jam selama musim penghujan ini,” tegasnya.

Terpisah, Kepala BPBD OKU, Amzar Kristopa sebelumnya mengatakan, ada beberapa kawasan yang rawan terjadi banjir dan longsor saat musim penghujan seperti sekarang ini, yakni di Ulu Ogan, Peninjauan, Baturaja Barat dan Baturaja Timur.

Untuk itu kata dia, pihaknya meminta agar warga di kawasan tersebut waspada dan galakan kegiatan gotong royong untuk membersihkan wilayah masing-masing dari sampah khususnya di saluran air/parit dan gorong-gorong. (eco)