Setiap Event Wisata Gandeng Barista Kopi Lokal

Barista asal kota Palembang demo seduhan kopi kepada para peserta Sosialisasi Konsentrasi Barista Kota Pagaralam, Kamis (15/10/2020). Foto: efvhan/Palpos.ID

PAGARALAM, PALPOS.ID – Mempromosikan kopi Pagaralam jadi sorotan serius Dinas Pariwisata Kota Pagaralam. Untuk itu, Kadispar Kota Pagaralam Muhammad Brilian menjanjikan setiap event wisata digandeng dengan kopi.

“Program event wisata diharapkan juga bisa mengangkat nama kopi Pagaralam. Caranya, setiap event juga ditampilkan sajian kopi ataupun seduhan barista kopi,” kata Brilian disela Sosialisasi Konsentrasi Barista Kota Pagaralam digagas Politeknik Pariwisata Palembang di aula Villa Hotel Gunung Gare, Kamis (15/10/2020).

Dia juga menilai, adanya kunjungan wisata memberikan efek perputaran uang dalam hal ini porsi pengeluaran belanja wisatawan. “Wisatawan tidak hanya belanja oleh-oleh, namun juga sekian persen perputaran uang dibelanjakan beli kopi,” katanya.

Kopi juga sebut Brilian. bisa masuk dalam paket wisata. Contohnya, wisatawan ditawari dengan coffee trip. “Ini dimaksudkan wisatawan bisa menikmati seduhan kopi yang disajikan dari jasa panggilan barista secara langsung. Disinilah kita minta adanya sinergi pelaku usaha wisata menggandeng barista,” terangnya.

Ditambahkan perwakilan Polteknikpar Palembang, Revi Septian Amd Par, didampingi Raden Edo Hadi Saputro Amd Par, sosialisasi bertujuan untuk mengedukasi tentang kopi. Namun juga bagaimana mempersiapkan pelayananan kepada konsumen atau wisatawan mulai dari kebersihan, kesehatan dan keselamatan ini penting diperhatikan oleh pengelola wisata dan hotel.

Sementara peserta dari kalangan barista lokal, penggiat kopi, pelaku usaha kopi dan wisata juga menghadirkan barista Palembang, dan perwakilan MPIG Pagaralam. “Peserta diberikan pemahaman tidak hanya tentang cita rasa kopi, namun prosesnya dari hulu hingga hilir,” pungkasnya. (faj)