Wako Perintahkan Dishub Kempiskan Ban Mobil Tronton

Truk tronton yang ditinggalkan sopirnya pasca menabrak tiang gapura masuk Kota Prabumulih, Jumat (16/10/2020). Foto: prabu/Palpos.ID

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM tidak dapat menutupi kekesalannya pasca mengetahui ada truk tronton mengangkut alat berat (Bachoe Loader) berusaha menerobos melintasi jalan protokol, meski dilarang dan menabrak gerbang masuk Kota Prabumulih, di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Gunung Ibul Kota Prabumulih.

Ridho langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melihat kondisi gerbang yang rusak (retak dan bergeser dari tiang) dan lampu hias yang baru dipasang dalam rangka menyambut HUT Kota Prabumulih ke-19 ikut rusak.

“Kita minta instansi terkait menindaklanjuti kejadian ini, tadi kita perintahkan dishub mengempiskan bannya supaya masyarakat tau ini kendaraan sering membuat jalan kita hancur,” ujar Ridho sembari menegaskan penabrak harus bertanggungjawab.

Kadishub Kota Prabumulih, Marthodi HS SH mengatakan, pihaknya baru mengetahui persitiwa tertabraknya gerbang masuk tersebut sekitar pukul 04.00 WIB. “Kejadiannya diperkirakan pukul 02.00 WIB,” ungkap Marthodi, Jumat (16/10/2020).

Dikatakan mantan Kepala Badan Kesbangpol ini, pihaknya akan menuntut pemilik kendaraan supaya bertanggungjawab memperbaiki kerusakan akibat kejadian itu. “Sesuai dengan Perwako Nomor 61 tahun 2019 kendaraan berat angkutan barang dilarang melintas di jalan protokol, karena itu kita tunggu itikad baik pemilik kendaraan untuk bertanggungjawab,” tegasnya.

Sementara, Kanit Turjawali, Ipda Nadhia menuturkan, pihaknya segera mengevakuasi truk tronton guna menghindari terjadinya kemacetan. “Harus segera kita evakuasi agar tidak macet, kita sudah minta bantuan Yonzipur mereka ada alatnya,” tuturnya.

Untuk diketahui, truk tronton Nopol BM 9160 TG yang mengangkut Bachoe Loader (alat Beear) menabrak gerbang masuk Jalan protokol Kota Prabumulih, Jumat (16/10/2020) sekitar pukul 02.00 WIB. Akibat peristiwa tersebut, gerbang masuk tersebut retak dan bergeser dari tiang penyangganya.

Sementara, truk tronton mengalami patah AS roda dan pecah ban belakang serta bocor oli. Belum diketahui, diketahui secara pasti kronologis kejadian itu pasalnya pasca kejadian pengemudi tronton langsung melarikan diri meninggalkan mobilnya. (wan)