Takut Banyak Anak, Masyarakat Pilih Pil KB

Cik Ujang, Bupati Lahat. Foto: humas pemkab lahat

LAHAT, PALPOS.ID – Bupati Lahat Cik Ujang, melalui Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ujang Kurniawan SE MM menyebut ditengah pandemi covid-19, dalam ber KB masyarakat lebih memilih meminum Pil KB, dibandingkan selama ini yang menggunakan KB implan.

“Karena pandemi, mereka (masyarakat) ganti cara, selama ini pakai KB inflan, sekarang ganti dengan Pil KB yang jangkanya hanya 1 bulan,” kata Ujang, Rabu (21/10/2020).

Ujang menjelaskan, keinginan masyarakat dalam ber KB cukup tinggi. Masyarakat mulai sadar takut banyak anak. Sehingga,  pihaknya terus menggalakan pelayanan KB gratis menggunakan mobil pelayanan umum. Dengan fasilitas pelayanan lengkap mendatangi Kecamatan kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat dan bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

“Ya, kita rutin lakukan pelayanan KB gratis ke kecamatan kecamatan juga untuk mencegah terjadinya lonjakan angka kelahiran karena dua anak lebih sehat. Seperti beberapa hari lalu ada permintaan di Kecamatan Muara Payang dan Tanjung Tebat, kita langsung ke lokasi,” sampainya. (ari)