Utamakan Putra Daerah, Haram Gunakan Atlet Luar

Gubernur Sumsel, H Herman Deru menyerahkan bendera perbakin kepada Ketua Perbakin Lahat Cik Ujang, Rabu (21/10/2020). Foto: arif/Palpos.ID

LAHAT, PALPOS.ID – Gubernur Sumsel, Herman Deru melantik Cik Ujang SH sebagai Ketua Perbakin Lahat. Orang nomor satu di Sumsel tersebut, juga melantik Ketua KONI Lahat, Kalsum Barefi. Deru mengingatkan agar mengutamakan atlet-atlet asli putra daerah.

“Dalam setiap even olahraga, haramkan meminjam pemain dari daerah lain. Saya ingin ini menjadi contoh, tidak ada gunanya kalau ada prestasi dari memakai atlet daerah lain,” ujar Herman Deru, Rabu (21/10/2020).

Selaku Ketua Perbakin Sumsel, Deru juga menuturkan, olahraga menembak ini sarana pembinaan dan edukatif. Untuk Kabupaten Lahat punya tugas yang tidak sederhana, karena pembinaan terhadap penggunaan senjata ini terkadang sulit dibendung. Untuk itu tugas KONI bersama Polisi, membina masyarakat agar mengerti penggunaan persenjataan itu ada aturannya.

“Harapan saya Ketua Perbakin Lahat bersama Polisi, bisa memberantas senjata ilegal. Di lapangan masih banyak sekali senjata ilegal, dengan alasan untuk berburu. Ini berbahaya kalau masyarakat tidak disadarkan, masyarakat diajak untuk mengembalikan senjata ilegal ke pihak berwenang,” sampai Deru.

Sementara, Ketua Perbakin Lahat, Cik Ujang menuturkan, hal yang sudah berjalan, jalankan sebaiknya, kalau ada kekurangan akan ditambah tambah. Agar kedepan Perbakin Lahat bisa lebih maju lagi.

“Kepada seluruh anggota Perbakin dan KONI mari kita bersatu. Dengan adanya sinergitas akan menjamin prestasi olahraga bakal lebih baik lagi,” tutur Cik Ujang.

Cik Ujang juga mengatakan, sebagai wujud penghargaan, dirinya akan semaksimal mungkin membina Perbakin Lahat lebih baik. Juga memberikan pembinaan ke masyarakat, bahwa terkait kepemilikan senjata juga ada aturannya.

“Kita juga akan membina masyarakat yang ada, bukan hanya sekedar administarasi. Sehingga ancaman beredarnya senjata api ilegal di Lahat, bisa ditekan sedini mungkin,” katanya. (ari)