OJK Gaungkan Gerakan Menabung Emas

Literasi masyarakat Sumsel, OJK KR 7 Sumbagsel perkenalkan alternatif investasi yang murah, terjangkau, dan legal melalui produk tabungan emas pt pegadaian (persero) secara virtual, Kamis (22/10/2020). Foto Istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan 2020 dengan tema “Satukan Aksi Keuangan Inklusif untuk Indonesia Maju (AKSESSKU)”, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumbagsel kembali melakukan sosialisasi edukasi secara virtual kepada masyarakat di Sumsel.

Kali ini OJK KR 7 Sumbagsel menggandeng PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah III Palembang mensosialisasikan mengenai gerakan ayo menabung emas, Kamis (22/10/2020).

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Kantor Regional 7 Sumbagsel, Iwan M Ridwan mengatakan, dalam kondisi pandemi saat ini harus dapat merencanakan keuangan dengan baik, diantaranya melalui pemilihan investasi.

“Ada berbagai macam instrumen investasi yang tersedia untuk masyarakat untuk mendapatkan passive income, seperti deposito, saham, reksa dana, dan obligasi, dimana selain itu yang sudah pasti familiar di masyarakat, yakni logam mulia atau emas,” terangnya, saat virtual Zoom, Kamis (22/10/2020).

Dalam seminar Ayo Menabung Emas tersebut hadir narasumber yang dengan semangat memperkenalkan Emas sebagai alternatif investasi, yakni Anjar Sumarjati (OJK KR7 Sumbagsel) dan Aris Suroso (PT Pegadaian (Persero) Kanwil III Palembang).

Dalam kesempatan tersebut, Anjar Sumarjati menerangkan secara umum Usaha Pegadaian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pinjaman dengan memberikan jaminan tertentu kepada pihak yang memberikan pinjaman, dimana saat ini diselenggarakan oleh PT Pegadaian (Persero) dan Usaha Gadai Swasta lainnya.

“Untuk menjalankan kegiatan usaha pergadaian dimaksud, maka pelaku usaha yang sudah melakukan kegiatan sebelum ketentuan OJK berlaku, wajib melakukan pendaftaran ke OJK dan dalam jangka waktu 3 tahun, wajib mengurus perizinannya,’ paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Aris mengajak masyarakat untuk menjadikan gerakan menabung dan investasi sebagai gaya hidup, salah satunya melalui Emas.

“Investasi emas sendiri sangat bermanfaat dalam berbagai kebutuhan masyarakat, antara lain sebagai investasi yang sifatnya liquid untuk kebutuhan pendidikan, modal usaha, pernikahan, dana darurat, dana pensiun, dan tabungan haji,” ungkapnya. (har)