Gubernur HD Launching Booster Signal Karya Pelajar SMK, Wujudkan Sumsel Bebas Blank Spot

Tantang Pelajar SMK Ciptakan Alsintan

MARTAPURA, Palpos.Id – Bertepatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru melaunching secara serentak karya pelajar SMK Sumatera Selatan berupa booster signal.

Launching dipusatkan di Desa Betung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur, Rabu (28/10/2020).

Dengan diluncurkannya karya SMK berupa booster signal ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan Sumsel Bebas Blank Spot.

Untuk diketahui, booster penguat signal ini dibuat oleh pelajar SMK dengan tujuan untuk memperkuat sinyal internet di desa-desa terpencil.
Selain dipusatkan di Desa Betung, launching booster signal serentak ini juga dilakukan di Danau Shuji Kabupaten Muara Enim, Payaraman Kabupaten Ogan Ilir, dan Desa Surabaya OKU Timur.

Sementara, dalam sambutannya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan sangat mengapresiasi para pelajar dan pendidik SMK se-Sumsel yang telah mewujudkan apa yang pernah menjadi tantangannya tersebut.

Menurut Herman Deru, sebelumnya, inovasi pelajar SMK ini berawal dari pertemuan antara dirinya dengan para pendidik SMK.

Dalam pertemuan tersebut, Herman Deru menantang SMK untuk mampu membuat inovasi, khususnya mewujudkan Sumsel yang bebas blank spot.

’’Alhamdulillah, dan ini berhasil diwujudkan. Ini prestasi yang istimewa. Saya apresisasi pelajar SMK dan para guru atas karya inovasi ini,’’ ucap HD.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini juga berharap, ke depan akan muncul ‘’Habibie’’ baru di Sumatera Selatan dengan terus melakukan inovasi di bidang teknologi.
Menurutnya, teknologi saat ini merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang kehidupan kita.

Kembali Herman Deru menantang SMK untuk bisa membuat inovasi di bidang pertanian yaitu Alsintan.

‘’Ini butuh kerjasama semua pihak agar produk inovasi yang dihasilkan ini terus berkembang dan ditingkatkan lagi,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Riza Fahlevi mengucapkan terimakasih atas dukungan Gubernur dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang telah mendukung dan memberikan arahannya, sehingga keberhasilan ini dapat terwujud.

Kata Riza, tentunya ini berkat dukungan dan inisiasi dari pak Gubernur, sehingga SMK bisa mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan saat ini melalui inovasi teknologi.

Ditambahkan Riza, atas keberhasilan pelajar SMK melakukan karya inovasi ini, membuktikan bahwa kualitas pendidikan di Sumatera Selatan tidak perlu diragukan lagi. (*)