Ikut Melestarikan Alam, Nikmati Hasil Buah-buahan

Seorang pembeli bibit tanaman melihat-lihat bibit yang dijual, Rabu (28/10/2020). Foto: padri/Palpos.ID

TEBING TINGGI, PALPOS.ID – Salut yang dilakukan Juandri, warga Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Bapak tiga anak itu melakoni bisnis bibit tumbuhan dan buah-buahan.

Bisnis yang telah dijalaninya selama dua tahun ini, telah mengantongi omzet jutaan itu. Beliau juga ikut melestarikan alam yang terus gundul sekarang. Sekalian melestarikan alam, warga bisa memetik berbagai buah yang ditanamnya.

Berbagai bibit buah unggul dijual di pinggir jalan nasional itu, meliputi bibit mangga, jeruk, durian, jambu kristal, pokat, jeruk kunci, dan lainnya.

‘’Saya kepingin menghijaukan halaman rumah yang menghasilkan,” kata Arwin, salah seorang pembeli, Rabu (28/10/2020). Selain halaman hijau, bisa menikmati buah yang ada. “Idak usah beli buah lagi ke pasar,” tegasnya.

Penjual bibit buah, Juandri mengatakan, berbagai bibit buah didatang langsung dari Lampung. Lantaran bibit yang didatangkan unggul dan telah berbuah, meski pohonnya masih kecil.

Harga yang ditawarkan relatif murah mulai dari Rp30-200 ribu sesuai ukuran dan buahnya. ‘’Kebanyakan yang beli warga Empat Lawang, yang hendak menghijaukan halaman rumah,” ucapnya.

Dirinya juga mengirimkan bibit buah ke rumah, sekaligus kirim bibit ke Lahat, Pagaralam, Tanjung Enim dan sekitarnya. Bagi masyarakat hendak membeli bibit bisa menghubunginya. “Kita juga jual berbagai bibit bunga,” pungkasnya. (pad)