Wakili Sumsel, Siswa SMKN 3 Palembang Juara 2 LKS Tingkat Nasional.

Muhammad Rizky siswa SMK Negeri 3 Palembang mendapatkan Juara 2 lks SMK Tingkat Nasional ke-28 wakili Sumsel dalam Bidang Lomba Resepsionis. (Foto Uci/Palembang Pos).

PALEMBANG, Palpos. Id – Muhammad Rizky, siswa SMK Negeri 3 Palembang meraih juara 2 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional ke-28 yang digelar secara virtual.

Siswa kelas 12 Jurusan Perhotelan SMK Negeri 3 Palembang ini membawa nama Provinsi Sumatera Selatan pada lomba tingkat nasional yang dilaksanakan secara daring pada 18-24 Oktober 2020 yang lalu.

Bahkan selama dua bulan dirinya berlatih dengan begitu serius. Dari hasil usahanya selama dua bulan tersebut, membuahkan hasil yang membanggakan.

Rizky sudah lima kali menangis untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba. Baginya mewakili nama provinsi merupakan beban yang sangat berat.

“Kalau dihitung mungkin sudah lima kali saya menangis, mulai dari persiapan, detik-detik lomba hingga pengumuman lomba pun saya menangis, terharu bahagia,” ungkapnya saat ditemui, Rabu (4/11/2020).

Selain itu, kata Rizky, tantangan harus mempunyai kemampuan publik speaking yang baik dan percaya diri merupakan modal awal yang harus dia persiapkan dalam lomba tersebut.

“Modal awal adalah confident atau percaya diri dan public speaking, itu yang paling penting untuk saya persiapkan,” katanya.

Selain public speaking yang bagus, Rizky menjelaskan, dalam bidang perhotelan juga harus mempelajari bagaimana caranya penanganan saat di gate, check in dan check out, komplain dan lain sebagainya.

Menurutnya, dunia perhotelan yang saat ini sedang berkembang pesat di Sumsel menjadi peluang untuk terus menggeluti pada bidang tersebut.

“Saya pilih ke bidang pariwisata ini karena saya pikir Palembang untuk saat ini sedang banyak sekali hotel-hotel, yang nantinya dapat berkembang dengan pesat,” ujarnya.

Dirinya sudah mendapatkan beasiswa kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, dengan semua biaya perkuliahan ditanggung oleh pihak kampus.

“Saya bersyukur, ke depan akan saya manfaatkan dengan sungguh-sungguh apa yang sudah saya peroleh ini, tentunya saya ingin memenangkan perlombaan pada tingkat yang lebih tinggi lagi,” harapnya.

Tak hanya itu, Rizky juga mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumsel, H Herman Deru, yaitu uang sebesar Rp1.500.000.

Kepala sekolah SMK Negeri 3 Palembang, Rusmina, SH, M.Si mengatakan sangat bangga mendapatkan kabar kemenangan siswanya tersebut.

“Ke depan kita akan mempersiapkan siswa-siswi SMK Negeri 3 Palembang untuk mengikuti ajang perlombaan, agar dapat meraih juara 1 pada perlombaan tahun berikutnya,” ucapnya.

Menurutnya, modal utama yang sangat diperlukan bahasa asing terutama dalam bidang perhotelan.

Ia menyarankan kepada siswa-siswinya untuk mempersiapkan diri masing-masing dalam hal menguasai bahasa asing.

“Modalnya memang bahasa asing, terutama bahasa inggris, selebihnya misalnya bahasa mandarin, itu juga lebih baik untuk siswa itu sendiri, kita hanya bisa mengarahkan. Selebihnya balik lagi pada diri siswa tersebut,” singkatnya seraya berharap prestasi Rizki  dapat diikuti oleh siswa-siswi lainnya. (*)