Peluang Usaha, Begini Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah

Budidaya jamur tiram "El Jamur" di Jalan Sukakarya 2, Kelurahan Sukamaju Kecamatan Sako Palembang. Foto Cuci/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Berawal melihat budidaya jamur tiram di facebook, dan lahan dekat rumah yang luas, Lia Elyanti bersama suami, tergiur memulai bisnis usaha dengan budidaya jamur tiram.

Jamur tiram memiliki banyak kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh manusia. Ditengah meningkatnya minat masyarakat menjalani gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi menu vegetarian. Tak hanya sehat bagi tubuh, jamur tiram juga bisa diolah menjadi berbagai produk kuliner yang lezat.

Lia Elyanti pemilik usaha jamur tiram “El Jamur” mengatakan, baglok pertama kali hanya berjumlah 500 baglok, dengan modal awal 10 juta rupiah.

“Alhamdulillah sekitar empat bulan udah balik modal, dengan omzet rata-rata perbulan Rp500 ribu,” ungkap Lia ditemui Kamis (12/11/2020).

Diakui Lia, setelah berjalan 6 bulan, jamur tiram mulai sulit dipasarkan. “Karena mulai sulit dipasarkan, jadi saya olah menjadi kemplang, jamur itu kalau tidak cepat diolah, bisa layu,” ujar Lia.

Tak hanya kemplang, jamur tiram juga diolah menjadi beberapa produk makanan lainnya, seperti pempek jamur, pepes, dan jamur tiram crispy. “Hasil penjualan jamur matang lebih tinggi dari hasil penjualan jamur tiram mentah,” terangnya.

Baglok jamur tiram sendiri kata Lia, hanya bertahan selama kurang lebih 4 bulan. “Kalau udah lebih dari 4 bulan itu hasil jamurnya gak bagus lagi (tidak mekar),” jelasnya.

Menurutnya, langkah awal budidaya perawatan jamur tiram ini  sendiri tidaklah sulit. “Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat kumbung, serbuk kayu bibit. Atap yang digunakan harus memakai atap rumbia, bukan atap seng, karena panas, keadaan cuaca didalam kumbung juga harus kering, tidak boleh basah. Dengan penyiraman sehari dua kali, pagi dan sore hari,” tuturnya.

Untuk sehari hasil panen budidaya jamur tiram Lia, sekitar 15-20 kilogram. Jamur tiram El Jamur dijual melalui medsos, seperti facebook, WA dan market place. (uci)