Suka Mulia Jadi Percontohan Tanaman Buah

Penyerahan bibit alpukat miki oleh Dinas Pertanian kepada Pj Kades Suka Mulia, belum lama ini. Foto: malyadi/HB/FIN

BANYUASIN, PALPOS.ID Pemerintah Desa Suka Mulia Kecamatan Banyuasin III, belum lama ini menerima bantuan 500 pohon bibit alpukat. Bantuan yang berasal dari Bupati Banyuasin melalui Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin itu, nantinya akan dibagikan kepada setiap rumah masyarakat masing-masing 2 pohon bibit.

“Alpukat miki ini menurut pihak Dinas Pertanian berasal dari Bogor, sudah tentu bibitnya bagus dan berkualitas baik. Selanjutnya kita bagikan secara gratis kepada warga, diharapkan dapat ditanam pada setiap halaman rumah. Pemdes Suka Mulia dan masyarakat sangat berterima kasih, khususnya kepada Bupati Banyuasin atas bantuan bibit alpukat miki,” ungkap Imran Hadi kepada Harian Banyuasin, Senin (16/11/2020).

Lanjut Imran, penanaman alpukat bertujuan untuk mengajak warga agar dapat memahami tanaman buah, khususnya yang berpotensi menghasilkan uang dan juga meningkatkan ekonomi warga. “Sudah menghasilkan uang juga berfungsi melestarikan alam dan menyejukkan sekitaran rumah,” sambung dia.

Buah alpukat miki merupakan buah yang memiliki nilai ekonomis, dikarenakan permintaan di pasaran selalu tinggi. Bahkan kedepan Imran Hadi sangat optimis, Desa Suka Mulia akan menjadi desa pulauan bueh. “Desa kita percontohan untuk tanaman buah, ini sangat membanggakan dan kita sukseskan 100 persen,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Banyuasin Zainudin SP MSi melalui Kasi Produksi Holtikultura Jufri Amanto SP MSi menegaskan, Desa Suka Mulia mendapatkan program pulauan bueh yang digagas oleh Bupati Banyuasin H Askolani SH MH. “Tujuannya meningkatkan nilai tambah pendapatan petani, sekaligus pemenuhan gizi keluarga,” beber dia.

Jufri menambahkan varietas alpukat miki mempunyai keunggulan cepat berbuah, bahkan bisa berbuah sepanjang tahun dan permintaan pasar tinggi. Pasalnya dalam masa tiga tahun sudah berbuah, jika dilakukan perawatan secara baik.

“Perawatannya baik itu yang jelas lobang tanam harus disiapkan minimal 1 minggu sebelum penanaman, supaya jamur dan kuman musnah terkena sinar matahari. Kemudian pemberian pupuk dasar, supaya mudah diserap akar,” pungkas dia. (mal/HB/FIN)