Limbah Medis Jangan Dibuang Sembarangan

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH. Foto: Istimewa/humas pemkot pagaralam

PAGARALAM, PALPOS.ID – Adanya laporan temuan limbah medis beberapa waktu lalu, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH, melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Desi Elviani SE MM, kembali ingatkan agar pemilik usaha praktik kesehatan dapat mengelola limbah medisnya dengan benar, dan sesuai standar Protapnya.

“Tak sedikit usaha jasa kesehatan di Pagaralam yang sebelum pendiriannya sudah jelas ada kesepakatan kesanggupan pemilik usaha  mengelola limbah medis dari dampak aktifitas pelayanan kesehatan,” ujarnya, Selasa (17/11/2020).

Usaha tersebut berawal harus ada rekomendasi dari Dinas Kesehatan. Jadi, untuk pengelolaan limbah medis harus disiapkan prasarananya. Baik itu untuk usaha klinik kesehatan, praktik dokter, ataupun bidan.

“Kita juga tekankan kepada pihak Puskesmas di wilayah Kota Pagaralam untuk turut mengawasi ekstra, usaha klinik ataupun praktik dokter maupun bidan. Awasi jadwal limbah medis yang dikumpulkan untuk dimusnahkan. Diharapkan, nanti tidak ada lagi laporan limbah medis dibuang sembarangan, apalagi di alam bebas,” imbaunya.

Ditambahkan Kabid Kesmas, drg Susi Osdar, untuk pengawasan limbah medis di wilayah Kecamatan, dilakukan oleh Puskesmas di area kerja mereka masing-masing. “Jadi limbah medisnya dikontrol langsung oleh pihak Puskesmas. Sementara Dinkes, tetap mengawasi dan mendata,” pungkasnya. (faj)