UIN Raden Fatah Siapkan Jurnalis Muda Independen Menghadapi Perang Informasi

Suasana Kegiatan seminar, di gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi lantai 4 UIN Raden Fatah Palembang, Selasa (17/11/2020). Foto istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Himpunan Mahasiswa Jurnalistik (HMJ) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, menggelar seminar Internasional melalui Zoom Meeting, dengan tema “Media And Information Warfare In Southeast Asia”, Selasa (17/11/2020).

Hal ini guna mempersiapkan Jurnalis muda yang independen dimasa yang akan datang. Kegiatan yang diikuti oleh 182 mahasiswa, dan Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang.

Menghadirkan narasumber berkompeten yaitu Asisten Profesor Ilmu Komunikasi, Universitas Northern Amerika Serikat, Dr Nuurrianyi Jalli dan Reporter RRI Palembang, Rian Apridhani.

Dekan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Achmad Syarifudin, mengungkapkan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa tentang perkembangan dunia media dan informasi.

“Berbagai bentuk kreasi informasi disebarkan dengan narasi yang berbeda, fenomena ini menimbulkan perang informasi melalui media. Hal ini menyebabkan terjadinya orientasi perang dari perang fisik menjadi perang media dan informasi,” ungkap Achmad, Selasa (17/11/2020).

Bagi prodi sendiri kata Achmad, dapat berinisiatif untuk mengembangkan kajian kajian tentang peran media dalam membangun komunikasi politik dan komunikasi publik terkait trend dan selera masyarakat saat ini agar apat mengkaji isu isu up-to-date.

“Nah maka dari itu fenomena perang informasi ini harus di respon cepat oleh kampus, khususnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang memiliki jurusan Jurnalistik, untuk mempersiapkan jurnalis jurnalis muda yang independen dan mampu beradaptasi dengan perang media dan informasi sedang marak terjadi,” ujarnya.

Sementara Di sesi kedua Roperter RRI Palembang Rian Apridhani juga mengatakan, untuk menjadi jurnalis muda yang independen wartawan harus memberikan pemberitaan yang benar dan memihak kepada publik. (uci)