1.485 Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Laksanakan KKN/KKL

Suasana penyerahan Mahasiswa KKN/KKL Universitas PGRI Palembang, Tahun Akademik 2020/2021, Kamis (19/11/2020). Foto: humas PGRI for Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Sebanyak 1.485 mahasiswa Universitas PGRI Palembang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Tahun Akademik 2020/2021.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian MM MSi, serta turut hadir Wakil Rektor bidang I, II dan III, Dekan, dan Dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN Mahasiwa.

Bukman Lian mengaku, tahun ini berada pada masa Pandemi Covid-19. Maka dari itu, ia berpesan kepada seluruh mahasiswa yang ikut KKN/KKL harus mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada.

Ia mengatakan, KKN/KKL adalah kegiatan mengimplementasikan salah satu misi Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Melalui kegiatan ini maka akan menampakkan keterlibatan Civitas Akademika dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan KKN/KKL di perguruan tinggi adalah upaya untuk meningkatkan relevansi penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. “Sehingga memberikan akses/image positif masyarakat terhadap program pendidikan tinggi yang dilaksanakan,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan KKN/KKL ini semakin meningkatnya persepsi positif tentang relevansi antara kurikulum yang diselenggarakan dalam perkuliahan di dalam kampus.

“Realitas kehidupan bermasyarakat yang akan dihadapi kelak setelah para mahasiswa menyandang gelar kesarjanaan nanti,” terangnya.

Kepala Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd menjelaskan,  menjelaskan, kegiatan KKN/KKL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilaksnakan mahasiswa Universitas PGRI Palembang. “Dengan bobot 2 SKS, yang sudah menempuh  minimal 110 SKS,” jelasnya.

Ia menerangkan, kegiatan KKL/KKN dilaksanakan tanggal 9 November-19 Desember 2020 atau selama lebih kurang 40 hari.

Ia menambahkan, peserta sendiri tersebar di 4 Provinsi Sumsel, yakni Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung, yang merupakan mahasiswa angkatan 2014-2017.

“Lokasi kegiatan kami kembalikan di wilayah domisili masing-masing mahasiswa. Sehingga tema kegiatan KKN/KKL tahun ini adalah KKL/KKN Univ PGRI Palembang “Merajut Asa Membangun Daerah,” tandasnya. (uci)