Kawanan Pencuri Diringkus Setelah Habiskan Uang Hasil Kejahatan

Tersangka Ismail, diamankan di Unit Pidum dan Tekab 134 Polrestabes Palembang, Kamis (19/11).

PALEMBANG, Palpos.Id –  Anggota Unit Pidum dan Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang, meringkus Ismail (32), satu dari tiga pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) di toko milik Suryanto (30), di Jalan KH Wahid Hasyim, Lorong Semeru, Keluarahan Tuan Kentang, Kecamatan Jakabaring Palembang.

Tersangka Ismail diamankan di rumahnya, Lorong Oxido, Kelurahan I Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I Palembang, Kamis (19/11), sekitar pukul 01.15 WIB. Sedangkan kedua pelaku lainnya, DK dan RH, masih dalam pengejaran alias buronan polisi.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji melalui PS Kasat Reskrim, Kompol Edi Rahmat Mulyana didampingi Kanit Pidum, AKP Robert Sihombing, membenarkan pihaknya meringkus seorang kawanan pencuri di toko korban Suryanto.

“Kejadiannya baru diketahui saat korban membuka toko miliknya, Kamis 27 Oktober 2020, sekitar pukul 07.11 WIB. Korban mendapati semua sisi toko sudah berantakan,” jelas Robert.

Lantas korban langsung melihat CCTV yang ada di toko, dan melihat tiga pelaku sedang mencuri 1 unit laptop merk Toshiba, 7 bungkus rokok, 1 senjata airsofgun, dan 1 tas selempang berisi kartu ATM BCA serta uang Rp 6 juta.

“Lalu korban melaporkan kejadiannya ke Polrestabes Palembang, dan langsung kita selidiki hingga berhasil mengantongi identitas ketiga pelaku. Saat ini baru satu pelaku yang berhasil ditangkap, dua pelaku lagi masih dalam pengejaran,” kata Robert.

Dari tersangka Ismail, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 lebar kemeja motif kotak-kotak, 1 celana jeans panjang, 1 baju kaos, dan sepasang sepatu Adidas. “Pelaku dan barang bukti sudah diamankan, dan masih dalam pemeriksaan lebih lanjut,” ucap Robert.

Sementara itu, tersangka Ismail mengaku, dari hasil pencurian tersebut dirinya  mendapatkan bagain Rp 8,5 juta. “Aku dapat bagian Rp 8,5 juta. Uangnya ku belikan baju kaos, kemeja, dan celana. Sisanya ku pakai untuk membeli keperluan sehari-hari,” katanya. (rus)