Bawaslu OKU Akan Adakan Rapid Tes Pengawas TPS

Dewantara Jaya SP, Ketua Bawaslu OKU. Foto: ist/net

BATURAJA, PALPOS.ID – Pasca dilantik, Bawaslu Kabupaten OKU akan melakukan rapid tes terhadap seluruh Pengawas TPS yang ada di wilayahnya. Kegiatan ini sendiri dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kesehatan Pengawas TPS sebelum melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Dimasa pandemi Covid-19 ini, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk sama-sama menjaga kesehatan. Saya ingatkan, jangan lupa prokes Covid-19. Ini merupakan kewajiban,” kata Dewantara, Kamis (19/11/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya sendiri saat ini sudah melantik Pengawas TPS di seluruh kecamatan. “Terakhir kegiatan pelantikan Senin (16/11/2020) tadi,” tegasnya.

Dewantara mengucapkan selamat kepada seluruh Pegawas TPS yang dilantik dan diambil sumpahnya tersebut. Artinya sudah resmi menjadi keluarga besar Bawaslu.

“Selamat bergabung ke dalam rumah besar Bawaslu OKU. Jika sudah bergabung seperti ini kita adalah saudara. Kita adalah keluarga. Selamat melaksanakan tugas dan fungsi, mari bersama-sama kita menjaga nama baik lembaga ini,” ujarnya.

Pengawas TPS kata Dewantara, sudah selayaknya berbangga bisa bergabung dan menjadi bagian dari penyelenggara pilkada. Sebab Bawaslu merupakan satu-satunya lembaga pengawas pelaksanaan Pilkada.

Untuk itu, jaga nama baik lembaga, laksanakan pengawasan di TPS semaksimal mungkin. “Jangan menyimpang dari aturan dan undang-undang berlaku. Laksanakan tugas dan fungsi dengan benar. Jika kalian sudah melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik dan benar sesuai undang-undang, saya selaku Ketua Bawaslu OKU akan bertanggung jawab penuh melindungi kalian. Ini tanggung jawab saya,” jelas Dewantara.

Sementara Ketua Panwaslu Kecamatan Lengkiti, Supriadi mengatakan, pihaknya siap melaksanakan tugas dan fungsinya dengan maksimal pada pilkada OKU 2020. “Pastinya tetap mematuhi aturan dan undang-undang berlaku dan terpenting adalah tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19,” terangnya. (eco)