Tidak Perlu Langsung, Cukup Via Sinar BPKAD

Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA, didampingi Sekretaris BPKAD Lahat, Vivi Anggraini STTP MSi, melaunching aplikasi Sinar BPKAD, Kamis (19/11/2020). Foto: arif/Palpos.ID

LAHAT, PALPOS.ID – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lahat, kembali memunculkan inovasi terbaru. Saat ini seluruh pelayanan pengurusan administrasi, surat permohonan, SPD, SP2D, dan surat lainnya, tidak perlu lagi diserahkan secara langsung ke kantor BPKAD Lahat, cukup via online.

“Inovasi ini harus benar-benar dijalankan seluruh OPD. Karena ini nantinya bisa menggerakkan OPD lain untuk berinovasi,” ujar Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA, disela launcing aplikasi Sinar BPKAD Lahat, Kamis (19/11/2020).

Kepala BPKAD Lahat, Drs Sahabadi T MSi, melalui Sekretaris, Vivi Anggraini STTP MSi menjelaskan, BPKAD Lahat kini memberikan pelayanan satu pintu (one stop service) berbasis online. Jika selama ini pelayanan administrasi keuangan bersifat manual, terhitung 13 November 2020 melalui surat edaran Bupati Lahat, setiap OPD harus mengimplementasikan aplikasi elektronik bernama Sinar BPKAD Lahat.

“Nama aplikasinya Sinar BPKAD Lahat. Untuk progres bisa di kroscek melalui Play Store android, dengan mengunduh Sinar BPKAD Lahat,” jelas Vivi.

Vivi mengatakan, tujuan digunakannya aplikasi Sinar BPKAD ini agar mekanisme pelayanam jadi lebih efektif, efisien, dan transparan. Sehingga dapat  meningkatkan kinerja, akuntabilitas, dan integritas kinerja BPKAD dan kinerja Pemkab Lahat.

“Masing-masing OPD memiliki user dan password untuk login ke website Sinar BPKAD. Selama uji coba, kendalanya ada beberapa OPD belum paham, sambil berjalan akan dilakukan updating terkait pelayanan administrasi lainnya,” kata Vivi. (ari)