Kenalkan Tata Cara Pemilihan, KPU Muratara Laksanakan Simulasi

Salah satu masyarakat Desa Tanjung Beringin saat memasuki kertas suara kedalam kotak suara, Sabtu (21/11/2020). Foto: alam/Palpos.ID

MURATARA, PALPOS.ID – Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tata cara pemilihan ditengah pandemik Covid-19, KPU Muratara gelar simulasi pelaksanaan pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi perolehan suara tingkat TPS menggunakan aplikasi Sirekap pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muratara, Sabtu (21/11/2020).

Kegiatan diselengarakan di Balai Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Rupit dihadiri anggota Komisioner KPU Muratara dan Komisioner KPU Provinsi dan ratusan masyarakat pemilih.

Ketua KPU Muratara Agus Marianto, melalui Devisi Teknis Ardianto mengatakan kegiatan hari ini, merupakan agenda Nasional dan dilakukan daerah pemilihan se-Indonesia.

Tujuan simulasi untuk memperkenal kepada masyarakat tata cara pemilihan ditengah tengah pandemik Virus Covid-19 dan harus mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak.

“Sebelum masuk kedalam bilik masyarakat dicek suhu tubuh dan bagi suhu tubuhnya tinggi maka ada bilik khusus bagi mereka,” ungkapnya.

Dijelaskannya kenapa memilih Desa Tanjung Beringin karena mudah untuk dijangkau, kemudian jumlah masyarakat yang hadir 267 dan seluruhnya pemilih.

“Harapan kita dengan adanya simulasi ini, agar masyarakat tidak cangung dan paham dengan aturan yang ada. Sebab tahun ini berbeda dengan tahun pemilihan sebelumnya. Karena sekarang ditengah pandemik Covid-19, sehingga ada aturan harus dipatuhi guna mencegah penyebaran virus Covid-19,” harapnya.

Sementara itu Anggota KPU Sumsel Devisi Perencanaan Data dan Informasi Hendri Alma Wijaya mengatakan, simulasi ini adalah bentuk dan gambaran dimana dalam situasi Pilkada ditengah pandemik Covid-19. Disetiap Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada ada satu TPS yang dipilih. Untuk Kabupaten Muratara simulasi di Desa Tanjung Beringin.

“Diharapkan untuk penyuksesan Pilkada bukan hanya tugas dari KPU, akan tetapi dukungan dari seluruh elemen, Bawaslu, Pemerintah dan juga masyarakat,” harapnya. (rat)