Pencuri Ponsel Dituntut 2 Tahun Penjara, Temannya Masih Buron

Sidang tuntutan perkara pencurian ponsel di PN Klas 1A Palembang, Senin (23/11). Foto: Dian/Palpos.Id

PALEMBANG, Palpos.Id – Akibat tertangkap massa mencuri ponsel, Tatang Ike, harus duduk di kursi pesakitan dan dituntut hukuman 2 tahun penjara oleh Ketua Majelis Hakim, Edi Saputra Pelawi SH MH, dalam persidangan virtual di Pangadilan Negeri Klas 1 A Palembang, Senin (23/11).

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Irsaini SH, pada Sabtu, (29/8), sekitar pukul 18.30 WIB, terdakwa Tatang dibonceng rekannya, Iwan (buron) dengan sepeda motor melintas di kawasan Jakabaring.

Kemudian mereka melihat bajaj yang sudah dimodifikasi berbentuk warung kopi yang sedang terparkir. Di bajaj itu, terdakwa melihat sebuah ponsel merk Xiaomi Readmi Note 8 sedang dicas di atas meja.

Lalu, keduanya sepakat untuk mengambil Hp tersebut dengan cara Tatang yang beraksi, sementara Iwan menunggu di atas motor untuk mengawasi situasi.

Selanjutnya, terdakwa Tatang diam-diam mendekati warung, dan mengambil Hp tersebut, lalu kabur. Namun, nahasnya ada orang yang melihat aksinya itu, sehingga pemilik Hp, Heru Kurniawan bersama warga langsung mengejar dan berhasil menangkap Tatang, sedangkan temannya Iwan berhasil melarikan diri.

Atas kejadian itu, korban mengalami kerugian Rp 3,3 juta. Sedangkan tersangka terjerat Pasal 363 ayat (1) dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara. (dian)