Peran Guru Honorer Sangatlah Vital, Tingkatkan Mutu Pendidik dan Peserta Didik

Wako Alpian mengajak guru honor turut membantu meningkatkan mutu pendidikan di Kota Pagaralam, Minggu (22/11/2020). Foto: humas pemkot pagaralam

PAGARALAM, PALPOS.ID – “Peran tenaga guru honorer sangatlah penting, karena sama-sama kita ketahui tidak hanya di Pagaralam, hampir semua daerah tenaga guru sangat kurang,” kutipan ini disampaikan Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH, saat melantik pengurus Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Kota Pagaralam, Minggu (22/11/2020).

Dikatakan Wako Alpian, peran dari guru honorer sangatlah vital bagi Indonesia, tak hanya di Pagaralam. “Untuk itu, saya sangat berharap peran serta dari semua guru honorer bisa meningkatkan mutu pendidikan Kota Pagaralam. Sebab sama-sama diketahui dimulainya anak-anak belajar itu, mulai dari TK hingga SMA/SMK sederajat tak lepas dari peran guru,” ungkap Wako Alpian.

Wako Alpian menambahkan, masyarakat Pagaralam patut berbangga, di Kota Pagaralam sudah ikut mewarnai Indonesia, inilah harus betul-betul dicamkan, bahwa Kota kecil dan jauh dari Ibukota, tetapi Kota Pagaralam dapat mewarnai Indonesia.

“Tokoh-tokoh Nasional ada lahir dari Kota Pagaralam, mulai dari Kabareskrim Komjen Pol Purn Susno Duadji, ada pula Burhanuddin yang sempat di Kostrad, ada pula Hamidin, yang sempat menjadi Kapolda Sulawesi Selatan dan NTT dan masih banyak lainnya, yang berkiprah hingga ke tingkat Nasional,” sebut Wako Alpian.

Lalu dari mana mereka berasal ? tambah Wako Alpian, Sekolah Dasar atau menempuh pendidikannya itu ada di Pagaralam. “Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita semua, sebab itu saya berharap pengurus SNWI dengan kepengurusan yang ada bisa dapat terus berbuat, bagaimana meningkatkan mutu pendidik dan peserta didik,” pintanya.

Ditambahkan Wako Alpian, harus diakui bahwa Kota Pagaralam merupakan Kota ke-17 di Sumsel, dengan banyak sekali sisi yang kecil, mulai dari wilayah yang kecil, jumlah penduduk kecil dan anggaran kecil.

“Tapi bagaimana dengan semua yang kecil ini, kita bisa berbuat yang besar. Itu paling penting, sekarang ini Kepala Disdikbud Pagaralam berupaya semaksimal mungkin untuk bagaimana kita berperan semua, dalam mengisi pembangunan di Kota Pagaralam,” tandasnya. (faj)