Lengkapi Berkas Penyidikan Dugaan Korupsi, Jaksa “Terbang” ke Bandung dan Cirebon

Topik Gunawan, Kepala Kejaksaan Negeri Prabumulih. Foto: prabu/Palpos.ID /dok

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Usai melakukan penggeledahan disalah satu Bank BUMN terkait dugaan korupsi pemberian fasilitas kredit modal kerja kontruksi, tim penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejari Prabumulih, kembali bergerak.

Kali ini tim dipimpin Kasi Pidsus Wan Susilo SH tersebut “Terbang” ke Kota Bandung dan Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Informasi dihimpun, keberangkatan tim tersebut, guna melengkapi berkas penyidikan dan mengumpulkan alat bukti dengan memintai keterangan kepada pemilik perusahaan yang mendapatkan fasilitas kredit modal kerja kontruksi dari salah satu Bank BUMN di Prabumulih.

Kajari Prabumulih, Topik Gunawan SH MH mengakui, jika Kasi Pidsus bersama timnya tengah berada di Kabupaten Cirebon dan Kota Bandung. “Jadi berangkat (tim penyidik pidsus) kemarin siang (Selasa, 24/11/2020) sekitar pukul 10.00 WIB,” ujar Topik melalui pesan whatsapp, Rabu (25/11/2020).

Ditanya apa tujuan tim penyidik, Topik enggan berkomentar panjang lebar dan mengaku belum menerima laporan dari tim penyidik. “Itu sudah menyangkut materi mas, sabar dulu. Saya belum dapat laporan dilapangan mas, yang jelas pihak-pihak terkait dengan perkara sedang ditangani,” ucapnya.

Sementara, Kasi Pidsus, Wan Susilo Hadi SH, membenarkan dirinya sedang di Kota Bandung. “Iya mas (Sedang berada di Bandung), saya baru nyampe mas masih koordinasi dengan kejari setempat,” jawab Wan Susilo Hadi melalui pesan whatsapp, Rabu (25/11/2020).

Menurut Wan Susilo, rencananya ada tiga orang akan dimintai keterangan, salahsatunya adalah pemilik perusahaan mendapat pinjaman fasilitas kredit modal kerja kontruksi dari Bank BUMN di Prabumulih.

Untuk diketahui, sejak pertengahan tahun ini Kejari Prabumulih menangani dugaan korupsi pemberian fasilitas kredit modal kerja kontruksi. Tim penyidik menangani perkara itu, sudah menaikan status ke tahap penyidikan awal November 2020 lalu.

Pasca menaikan status ke penyidikan, tim penyidik terus melengkapi berkas perkara dengan melakukan penggeledahan di salahsatu Bank BUMN di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat. Dalam penggeledahan itu, jaksa menyita dokumen-dokumen yang berkaitan dnegan aturan kredit dan berkas pinjaman. (wan)