Covid-19 Kembali Melonjak, Bertambah 20 Kasus

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Diharta

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Ancaman penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Muara Enim kembali meningkat. Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Bumi Serasan Sekundang melonjak lagi atau bertambah 20 kasus.

Penambahan kasus tersebut berdasarkan data up date per 26 November Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim, tambahan kasus baru tersebut tersebar di beberapa kecamatan yakni Tanjung Agung 4 kasus, Lawang Kidul 7 kasus, Muara Enim 4 kasus, Ujan Mas 2 kasus dan Rambang Niru 3 kasus.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Diharta, tingginya angka kasus baru Covid-19 di Kabupaten Muara Enim belakangan terakhir menandakan ancaman penyebaran wabah belum meredah. “Untuk itu kami selalu mengingatkan masyarakat, jangan lengah dengan prokes,” kata Panca, Kamis (26/11/2020).

Dijelaskannya, dengan meningkatnya tambahan kasus baru membuat angka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Muara Enim menembus 874 orang. Dari jumlah tersebut, kata dia, tercatat sebanyak 124 kasus yang masih aktif. Terdiri 28 pasien dirawat di Rumah Sakit, 79 menerapkan isolasi mandiri. “Kemudian tercatat jumlah pasien sembuh ada sebanyak 716 orang dan meninggal 34 orang,”ungkapnya.

Terkait sebaran kasus, Panca mengungkapkan masih didominasi dua kecamatan zona merah yakni Muara Enim dengan 280 kasus dan Lawang Kidul 322 kasus. “Begitu juga kasus meninggal Covid-19 terbanyak di Kecamatan Muara Enim dengan 13 kasus dan Lawang Kidul 11 kasus, sisanya tersebar di Kecamatan Rambang Niru, Gunung Megang, Lubai masing-masing 2 kasus dan Belimbing, Sungai Rotan, Tanjung Agung dan Rambang masing-masing 1 kasus,”ungkapnya.

Lebih lanjut Panca mengatakan, Tim Satgas juga mewaspadai penambahan kasus baru dengan memproses sebanyak 126 orang suspek ODP dan PDP. Menurutnya jumlah total Suspek yang telah diproses tim Satgas mencapai 1.289 orang dengan 26 diantaranya Probable, 440 Konfirmasi dan 697 Discarded. (ozi)