Lagi, 18 Unit Motor Knalpot Racing Dikandangkan Polisi

PALEMBANG, Palpos.Id –  Setalah sebelumnya 33 unit motor dengan knalpot racing dikandangkan. Kali ini anggota Satlantas Polrestabes Palembang kembali mengandangkan 18 unit motor dengan knalpot racing yang mengganggu kenyamanan warga di seputaran Jalan Jendral Sudirman, Sabtu (28/11), sekitar pukul 23.30 WIB.

Kasatlantas Polrestabes Palembang, Kompol Yakin Rusdi  melalui Kanit  Turjawali, Iptu Kurniawan, membenarkan pihaknya telah mengamankan 18 unit sepeda motor berknalpot racing.

“Benar, razia knalpot racing ini dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat yang merasa terganggu dengan suara bising para pemuda yang melakukan balap liar di sepanjang Jalan Jendral Sudirman,” ujarnya, Minggu (29/11).

Dia mengatakan, untuk menciptakan rasa nyaman dan mengantisipasi balap liar, pihaknya akan melakukan razia secara rutin terutama pada malam Minggu.

“Tidak ada sanksi tilang untuk kendaraan yang terjaring razia kali ini. Tapi bagi pemilik kendaraan yang mau mengambil motornya, diwajibkan mengganti knalpot dengan yang standar dan membawa surat kendaraan,” tegasnya.

Sementara itu katanya, kalau untuk anak di bawah umur yang terjaring razia, mereka harus membawa orang tuanya dan membuat surat perjanjian serta harus mengganti knalpot standar juga.

Pantauan dilapangan, Minggu (29/11) sekitar pukul 13.00 WIB beberapa pemilik kendaraan yang dikandangkan hendak mengganti knalpot dan mengambil motor mereka.

“Rencananya sekarang mau ambil motor dan ganti knalpotnya, tapi ini hari libur jadi besok baru bisa diambil,” ujar Pan (17), warga dusun Belitang, Kabupaten OKU Timur.

Pandu mengaku, jika dirinya sudah mengetahui tidak boleh menggunakan knalpot racing. “Malam minggu tadi, saya baru sampai dari dusun dan langsung jalan-jalan dengan teman. Tapi waktu melintas di Jalan Jendral Sudirman, sekitar pukul 00.01 WIB, saya terkena razia dan motor ditahan,” pungkasnya. (dian)