Ngaku Keluarga, Pelaku Rajiman Larikan Uang Guru Rp10 Juta

Lesa, korban penipuan saat melapor ke SPKT Polrestabes Palembang, Senin (30/11/2020). Foto: rusly/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Mengaku masih keluarga, Rajiman larikan uang Rp10 juta milik korban Lesa Tama Hertanto Nugraha (24), seorang guru di Kota Palembang.

Lesa yang beralamat di Jalan Sapta Marga, Komplek Andalas, Kecamatan Kalidoni Palembang, akhirnya melapor ke SPKT Polrestabes Palembang.

Menurut Lesa, kejadiannya Minggu (29/11/2020), sekitar pukul 14.45 WIB. Dimana pelaku menghubungi dirinya lewat telepon. “Ia memberitahukan kalau sedang bertugas menjaga stand mobil lelang di KPP Pratama Palembang, di Jalan Kapten A Rivai dan menawarkan mobil tersebut dengan DP 10% dari harga,” terangnya, Senin (30/11/2020).

Setelah sepakat mengenai DP, korban mengtransferkan uang di ATM bank BNI di Jalan Siaran, Kecamatan Sako Palembang sekitar pukul 15.27 WIB. Sebelumnya dirinya memang berniat untuk membeli mobil, kebetulan Rajiman menawarkan mobil Avanza dengan harga murah. Berhubung masih keluarga, dengan mudah korban percaya dengan pelaku.

“Tetapi membuat saya ragu pelaku meminta bukti pembayaran dan membuat surat perjanjian diatas Materai dengan terus menerus menelepon,” terangnya.

Merasa curiga korban menghubungi keluarganya Rajiman yang ada di Prabumulih untuk menanyakan kalau ia sedang di Palembang atau tidak.

“Waktu ditelepon Rajiman mengatakan dirinyan sedang di Prabumulih. Dari situlah kami baru sadar menjadi korban penipuan dan melapor ke SPKT Polrestabes Palembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polrestabes Palembang, AKP Irene membenarkan adanya laporan terkait dengan penipuan dan penggelapan. “Benar, laporan sudah diterima anggota piket SPKT kita. Selanjutnya laporan akan diserahkan ke unit Reskrim untuk ditindak lanjuti,” tukasnya. (rus)