Sekretaris MTT PWM Sumsel Masuk Nominasi Peraih Tarjih Award

Perwakilan MTT PWM Sumsel mengikuti pembukaan Munas Tarjih ke-31 secara virtual, Minggu (29/11/2020). Foto: MTT PWM Sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID – Musyawarah Nasional (Munas) Tarjih ke-31 berlangsung secara virtual, secara rutin tiap hari Sabtu dan Ahad selama 4 pekan dimulai dari tanggal 14 Rabiulakhir 1442 H/29 November sampai 5 Jumadilawal 1442 H/20 Desember 2020.

Ketua Panitia Munas Tarjih ke-31 Ruslan Fariadi mengungkapkan secara teknis, pelaksanaan Munas tahun ini diselenggarakan Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah, bekerja sama dengan PWM Jawa Timur dan Universitas Muhammadiyah Gresik. Rencananya, sidang virtual ini dipusatkan di Yogyakarta dan Gresik.

Ruslan menuturkan pembukaan Munas dilaksanakan, Minggu (29/11/2020), pukul 08.10 WIB. Adapun acara pembukaan akan diisi sambutan Ketua PWM Jatim Saad Ibrahim, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir membuka acara Munas Tarjih ke-31 ini secara resmi sekaligus menyampaikan orasi ilmiah tentang “al-Hujurat-ethict”.

Ada sekitar 286 orang menjadi peserta resmi Munas Tarjih ke-31. Peserta terdiri dari Anggota PP Muhammadiyah, Pimpinan dan Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) tingkat pusat, perwakilan Majelis, Lembaga, Biro, dan Organisasi Otonom Tingkat Pusat, Perwakilan Wilayah, dan undangan khusus dari kalangan ahli atau pakar yang diharapkan dapat memberikan berbagai masukan.

Ruslan juga menyampaikan bahwa masyarakat secara luas baik Muhammadiyah maupun bukan dapat mengikuti rangkaian pembukaan Munas secara streaming melalui berbagai kanal Youtube.

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan juga ikut aktif pada kegiatan ini, delegasi yang dijatah oleh PP sebenarnya hanya 2 (dua) orang, namun MTT PWM Sumsel melakukan inovasi dengan dukungan fasilitas IT yang memadai dari UMP sehingga mampu menghadirkan seluruh anggota Majelis dengan nyaman dan efisien.

Muhammad Sulaiman, selaku Sekretaris MTT PWM Sumatera Selatan, juga menyatakan bahwa berdasarkan informasi yang diterima dari Ketua panitia Munas Tarjih ke-31, MTT PWM Sumatera Selatan juga masuk nominasi sebagai peraih Tarjih Award dari MTT PP Muhammadiyah atas kinerja yang sangat baik yang diukur dari tiga aspek yaitu, pengkajian, pelatihan, dan sosialisasi. Hal ini tentu hal yang membanggakan karena bersaing dengan 34 provinsi lain.

Antoni, selaku Ketua MTT PWM Sumatera Selatan menambahkan bahwa hal ini tidak lepas dari optimalisasi program secara berkelanjutan yang dilaksanakan mulai dari Sekolah Kader Tarjih, Training of Trainers Kader Tarjih, dan Sosialidasi Ketarjihan di 17 (tujuh belas) kota dan kabupaten di Sumatera Selatan, selain program rutin berupa kajian dan pengkajian.

Antoni juga menuturkan setelah acara Munas ini MTT PWM Sumatera Selatan juga akan langsung berlari menjalankan program lain berupa Musyawarah Tarjih Wilayah, penerbitan produk syarah Himpunan Putusan Tarjih, dan kumpulan fatwa. (bar/rilis)