Konsultasi Dokter Semakin Mudah dengan Layanan Telemedicine

drg Andriani saat memberikan pemaparan tentang layanan telemedicine di Hotel Aryaduta, Minggu (29/11/2020). Foto Cuci/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Konsultasi dengan dokter, sekarang semakin mudah dengan hadirnya layanan Telemedicine yang digagas oleh Konsul Kedokteran Indonesia (KKI).

Karena pada masa pandemi Covid-19 menyebabkan ruang gerak di luar rumah semakin terbatas, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Wakil Ketua I Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), drg Andriani SpOrt FICD mengatakan, pada masa pandemi seperti sekarang masyarakat takut untuk datang ke rumah sakit.

“Nah telemedicine pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi, ini menjadi salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut,” ungkapnya, Minggu (29/11/2020).

Menurut Andriani, perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, sama halnya dengan teknologi kedokteran. “Inovasi layanan kesehatan pada era internet dapat membantu pasien memanfaatkan waktunya lebih efisien karena tidak harus datang ke rumah sakit untuk berkonsultasi,” ujarnya.

Ia mencontohkan, selama ini dokter konsultan yang berada di kota besar tidak bisa memberikan pelayanan ke daerah terpencil. “Jadi bisa diatasi dengan membangun koneksi melalui telemedicine,” terangnya.

Ia menambahkan, adanya teknologi dan komunikasi ini menjadi salah satu cara untuk melakukan pemerataan (dokter) tanpa pasien harus datang ke rumah sakit atau dokter spesialis.

Sementara Wakil Ketua II KKI, Prof Intan Ahmad MPhD mengatakan, hadirnya layanan telemedicine diharapkan mampu memudahkan pelayanan kedokteran kepada masyarakat. “Salah satunya adalah waktu digunakan oleh dokter dalam melakukan komunikasi antara dokter dan pasien,” tutupnya. (uci)