Sebanyak 3.843 Orang KPPS Mengikuti Rapid Tes

Diantara KPPS yang menjalani rapid tes, Senin (30/11/2020). Foto: humas KPU Muratara

MURATARA, PALPOS.ID – Untuk menekan penyebaran virus Covid-19, KPU Muratara melakukan rapid tes terhadap Ketua dan anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) serta Linmas di 7 Kecamatan.

Ketua KPUD Muratara Agus Maryanto melalui Plt Kasubbag Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat Busairi mengatakan, seluruh penyelenggara wajib melakukan Rapid Tes. “Nah sekarang sebanyak 3843 KPPS dan Linmas TPS yang di Rapid Tes,” katanya, Senin (30/11/2020).

Dijelaskannya, pelaksnaan Rapid Tes dilakukan di setiap Puskesmas masing-masing Kecamatan dan ditambah dengan LABKESDA. “Jadi ada 9 tempat Rapid Tes, 8 Puskesmas Dan Labkesda di Kabupaten Muratara,” jelasnya.

Ia mengatakan Tujuan menerapkan protokol kesehatan bagi penyelenggara pemilu, sehingga penyelenggara pemilu harus sehat terlebih dahulu. Memastikan bahwa seluruh petugas tidak ada yang terpapar saat Pilkada 9 Desember nanti.

Rapid tes terhadap 3.843 KPPS dan Linmas TPS ini sudah dilaksanakan dari tanggal 26 November hingga sekarang. Jika berdasarkan hasil tes ada yang reaktip, sesuai aturan maka KPPS diganti.

“Sejauh ini, belum ada sebab data masih di olah Dinkes Kabupaten Muratara, Karena masih ada Kecamatan yang belum selesai melaksanakan Rapid Tes,” bebernya.

Ia menambahkan penyelenggaraan Rapid tes ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes). Kemudian untuk alat untuk Rapid dan juga tenaga medis itu dari Dinkes yang menyiapkannya. “Mudah mudahan hingga selesai tidak ada yang positif Covid,” imbuhnya. (rat)