495 Lembar Surat Suara Rusak, Gagal Cetak dan Sobek

Naning Wijaya ST, Ketua KPU OKU. Foto: humas KPU OKU

BATURAJA, PALPOS.ID – Sebanyak 491 lembar kertas surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU, rusak. Hal ini diketahui setelah pelipatan dan pensortiran surat suara selesai dilakukan.

“Kita sudah selesai melakukan pelipatan dan menyortir kertas surat suara akan digunakan Pilkada OKU dengan melibatkan 60 petugas melakukan pelipatan surat suara tersebut,” ucap Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, Selasa (01/12/2020).

Ditambahkan Naning, 280 ribu lebih surat suara yang dilipat petugas, dari jumlah tersebut 491 surat suara diantaranya rusak dan tidak dapat digunakan. “Rusaknya surat suara tersebut karena gagal cetak dan sobek,” tegas Naning.

Selain itu, lanjut Naning, pihaknya juga kekurangan surat suara dari percetakan 1.500 surat suara. “Kebutuhan kita 263.963 surat suara, yang kita terima 262.954 surat suara. 491 surat suara rusak dan kekurangan 1500 surat suara,” ujar Naning.

Kendati ada surat suara yang rusak dan kekurangan surat suara, namun namun hal itu tak mengganggu jalannya Pilkada. “Sudah kita minta kekurangan surat suara yang rusak dan kekurangan surat suara tersebut, hari ini sudah nyampai,” pungkas Naning. (eco)