Jumlah Panderita Covid-19 di OKU Capai 165 Orang

Andi Prapto, Kabid P2P Dinkes OKU. Foto: humas pemkab oku

BATURAJA, PALPOS.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKU mendata sampai 30 Oktober 2020, jumlah warga di daerah itu terinfeksi covid-19 tercatat sebanyak 165 orang.

Dari jumlah itu sebanyak 139 orang sudah dinyatakan sembuh, sementara 26 orang lagi kini masih dinyatakan positif corona. “Dari 26 orang yang masih positif itu sebanyak 7 orang dirawat di rumah sakit dan sisanya isolasi mandiri,” kata Kabid P2P Dinkes OKU, Andi Prapto, Selasa (01/12/2020).

Dia menjelaskan, sesuai dengan panduan penanganan covid-19 yang dikeluarkan pemerintah pusat diatur bahwa bagi pasien yang dinyatakan positif namun tidak memiliki gejala atau gejalanya ringan cukup diisolasi mandiri saja.

Namun kalau pasien covid-19 itu gejalanya parah, maka harus diisolasi di rumah sakit yang sudah ditunjuk pemerintah untuk menangani penyakit tersebut.

Di OKU sendiri lanjut dia, tingkat kesembuhan pasien covid-19 cukup tinggi, tetapi hal ini jangan membuat warga menjadi lengah. “Tetapi patuhi protokol kesehatan, sebab meskipun tingkat kesembuhan tinggi. Namun tingkat kematian pasien corona di OKU juga tinggi, yaitu 14 orang atau sekitar 7,8 persen. Sementara kalau nasional hanya 5 persen,” bebernya.

Hanya saja kabar gembiranya kata Andi, sampai hari ini tidak ada satupun warga OKU meninggal dunia akibat murni terinveksi virus covid-19. “Kebanyakan karena ada riwayat penyakit lain seperti kencing manis, TB Paru, hipertensi dan kangker,” tegasnya.

Sementara terkait pelaksanaan Pilkada OKU yang sebentar lagi akan diselenggarakan, Andi mengaku, sangat mengapresiasi kerja keras penyelenggara pemilu yang sangat mengedepankan protokol kesehatan.

“Lihat saja sampai hari ini baik di Bawaslu maupun KPU OKU cuma ada masing-masing satu orang penyelenggaranya yang terinfeksi covid-19. Itupun keduanya sekarang sudah dinyatakan sembuh,” katanya. (eco)