Pandemi Covid-19, Perempuan Memiliki Peran Ganda

Bupati Empat Lawang didampingi Wabup Empat Lawang serta Ketua dan Wakil Ketua PKK saat memotong tumpeng, Kamis (17/12/2020). Foto: istimewa/humas pemkab empat lawang

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Perayaan puncak hari Ibu ke-92 di Kabupaten Empat Lawang, digelar secara sederhana dan ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng, di Gedung Serba Guna Pemkab Empat Lawang, Kamis (17/12/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Empat Lawang H Joncik Muhamamd, Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana dan Forkopimda Empat Lawang, Kepala OPD, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Empat Lawang.

Dalam sambutannya, Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengatakan, pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini dan negara lain didunia, memperlihatkan sisi lain perjuangan perempuan di Indonesia dalam menyetop penyebaran covid-19.

“Mulai dari membimbing keluarga saat berada di rumah, menjadi tulang punggung bagi keluarga hingga menjadi garda terdepan penyembuhan covid-19, sebagai dokter dan perawat. Tak jarang perempuan memiliki peran ganda sekaligus,” kata Joncik dihadapan tamu undangan.

Dimasa pandemi covid-19 ini juga lanjut Joncik, perempuan sebagai ibu harus memastikan anak-anak dan seluruh anggota keluarganya tetap berada dirumah dan membuat suasana nyaman.

“Perempuan juga berperan besar dalam penerapan protokol kesehatan keluarga pada masa pandemi covid-19 ini,” kata Joncik dihadapan para tamu undangan.

Dia juga menambahkan, dimomen hari ibu ini, sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan. Serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Untuk itu mari warna peringatan hari ibu ini dengan peran kerja dan karya nyata dari anda semua untuk Indonesia tercinta. Perempuan berdaya, Indonesia maju khususnya para perempuan di Kabupaten Empat Lawang,” pungkasnya. (pad)