Cetak Atlet Handal, PTMSI Muara Enim Gelar Turnamen

Kadin Dispora (tengah) bersama Ketua KONI (kiri) menyaksikan Ketua PTMSI Muara Enim uji ketangkasan perserta, Jumat (18/12). foto : fahrozi/palpos.id.

MUARA ENIM, Palpos.Id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Muara Enim, menggelar Turnamen Tenis Meja untuk Muara Enim dan Provinsi Sumatera Selatan.

Salah satu tujuannya turnamen tersebut, mencetak petenis meja yang handal dalam persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke XIII Tahun 2021 di OKU.

Pelaksanaan kegiatan turnamen tenis meja berlangsung di GOR Pancasila, Jumat (18/12). Dihari oleh Ketua KONI Muara Enim, M Chandra SE, Ketua PTMSI Muara Enim, Kasman MA S Sos dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga(Dispora) Muara Enim, Drs Rusdi Khairullah.

Ketua PTMSI Muara Enim, Kasman MA S Sos mengatakan, agenda turnamen kejuaraan tenis meja Bupati Cup dalam rangka Hut Kabupaten Muara Enim ke 74. Tujuannya salah satu menjaring atlet tenis meja yang terbaik.

“Target serta tujuan utama pelaksanaan turnamen untuk mencetak petenis meja yang handal,” ujar Kasman disela-sela kegiatan.

Kegiatan tersebut akan di agendakan setiap tahun dengan dukungan Dispora Kabupaten Muara Enim dan KONI Kabupaten Muara Enim.

“Turnamen tenis meja rutin dilaksanakan oleh PTMSI dan KONI. Untuk usia di bawah 20 tahun (Pelajar) khusus untuk petenis meja asal Kota Muara Enim dan sekitarnya.

Sedangkan 30 tahun ke atas (Umum dan Veteran) Sumatera Selatan dan semuanya gratis,” jelas anggota Ketua Komisi III DPRD Muara Enim.

Lanjutnya, untuk perserta sendiri, kata dia, terbatas mengingat kondisi pandemi Covid-19.

“Pelajar (SD dan SMP) 21 orang, umum 31 orang dan veteran 62 orang. Untuk memajukan olaraga tenis meja, kami akan terus bekerjasama dengan KONI selaku induk organisasi dan juga dinas terkait,” janjinya.

Persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel ke XIII Tahun 2021 di OKU nanti, kata dia, PTMSI Muara Enim menargetkan 3 mendali emas. Untuk itu, kata dia, turmanen tersebut ada banyak kategori lomba yang dipertadingkan, contohnya seperti kategori pelajar SD dan SMP, umum serta veteran, sehingga nanti akan muncul beberapa peserta yang memang punya kemampuan untuk menjadi atlet tenis meja Porprov untuk mewakili Kabupaten Muara Enim.

Ketua KONI Muara Enim, M Chandra SE menambahkan, kegiatan turnamen tenis meja merupakan salah satu ajang dalam mencari bibit-bibit muda atlet tenis meja di Kabupaten Muara Enim, sekaligus ingin mewujudkan tenis meja menjadi olahraga prestasi.

“Kejuaraan ini difokuskan untuk mencari bibit-bibit muda yang berbakat pada olahraga tenis meja. Selain itu, kita ingin mewujudkan tenis meja bukan hanya sebagai olahraga rekreasi tapi juga sebagai olahraga prestasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga(Dispora) Muara Enim, Drs Rusdi Khairullah, mengapresiasi langkah Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Muara Enim menggelar turnamen tenis meja.

“Dispora sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan PTMSI yang telah menggelar turnamen ini. Semoga di tahun berikutnya turnamen ini bisa dilaksanakan rutin sehingga lahir bibit handal di bidang olahraga tenis meja,” harapnya.

Terpisah, Windari, salah satu pelajar kelas IV SD 10 Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, mengaku dirinya hobi olahraga tenis meja sejak duduk dibangku sekolah taman kanak-kanak.

Untuk meningkatkan bakatnya itu, dirinya bergabung di club tenis meja Tanjung Enim dan dibimbing oleh pelatih. Berkat hobinya di olahraga tenis meja, dirinya pun berhasil meraih prestasi diberbagai kejuaraan.

“Sejak TK memang sudah suka dengan olahraga tenis meja,” ucapnya tersipu malu saat diwawancara PALPOS.ID.(*)