SDM Lokal Muba Dapat Terserap di Industri Migas

Dodi Reza Alex, Bupati Muba. Foto: dinkominfo muba

SEKAYU, PALPOS.ID – Kekayaan sumber daya alam (SDA) utamanya di bidang minyak dan gas (Migas) di Bumi Serasan Sekate dihandle Pemkab Muba dengan sangat baik.

Bahkan, realisasi tersebut juga diimbangi dengan proyeksi pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) lokal dengan baik pula di bidang migas.

Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya kerjasama Pemkab Muba bersama dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) guna mendorong peningkatan SDM lokal bidang migas di Muba.

“Upaya pengembangan talenta-talenta lokal tidak hanya menjadi kewajiban SKK Migas. Peran pemberdayaan pekerja ini juga harus didukung seluruh pihak. Di samping pelatihan dan keterampilan dilakukan oleh KKKS, peran pemerintah juga diperlukan dalam menyediakan kurikulum pendidikan vokasi khususnya di industri migas supaya tercipta SDM unggul dan berdaya saing,” ungkap Dodi Reza di sela Rapat Pertemuan dengan Kepala SKK MIGAS tentang Pemberdayaan SDM Lokal dan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah dalam Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksploitasi Pengolahan Minyak dan Gas Bumi di Kabupaten Muba secara Virtual, Kamis (07/01/2021) di Ruang Rapat Serasan Sekate.

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP menerangkan, adapun kerjasama untuk mendorong peningkatan kualitas SDM bidang migas di Muba tersebut direalisasikan dengan beberapa item yakni diantaranya Pengembangan SDM Lokal melalui Pendidikan dan Pelatihan Vokasi yang berorientasi ke pasar industri, Revitalisasi BLK dan mendorong Pengembangan Pusat Pelatihan yang bersertifikasi nasional dan internasional.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengaku Pemkab Muba mempunyai komitmen yang sangat tinggi dalam upaya peningkatan kualitas SDM migas di Muba, hal tersebut tampat jelas dengan dilakukannya kerjasama SKK Migas untuk mendorong Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin melakukan pemberdayaan, pelatihan serta rekrutmen pekerja dari warga Kab Musi Banyuasin.

‚ÄúItu sejalan dengan arahan presiden yang menekankan terkait pentingnya penyerapan tenaga kerja lokal di industri hulu migas. Kami dari SKK Migas siap untuk mengintegrasikan dengan Pemkab Muba”, tambahnya. (rom)