Guru Pertanyakan TPG Triwulan IV Belum Cair

Izhar, Kabid Anggaran BPKAD Muratara. Foto: humas pemkab muratara

MURATARA, PALPOS.ID – Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Muratara yang mendapat Tunjangan Profesi Guru (TPG), mempertanyakan mengenai hak mereka untuk Triwulan IV tahun 2020 belum dibayar.

AJ salah satu Guru Muratara mengatakan biasanya untuk TPG cair dibulan Desember, akan tetapi hingga sekarang untuk Triwulan IV tahun 2020 belum ada kejelasan kapan dicairkan.

“Biasanya itu dipertengahan dan akhir Desember sudah cair, akan tetapi sekarang belum ada kejelasan kapan itu dicairkan,” ungkapnya, Senin (11/01/2021).

Dikatakannya apalagi sekarang sudah Jaunari 2021 yang dikuwatirkan uang TPG itu tidak cair. “Jelas kami merasa kuwatir tidak cair, apalagi sekarang sudah tahun 2021,” katanya sembari berharap ditahun ini TPG bisa dicairkan.

Sementara itu, Kepala  Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muratara Duman, melalui Kabid Anggaran Izhar membenarkan bahwa TPG triwulan IV tahun 2020 belum cair. “Hal itu dikarenakan Kas Daerah (Kasda) Muratara kondisinya kurang baik, sehingga belum bisa mencairkannya,” ujarnya.

Izhar menegaskan jika TPG yang kurang tersalurkan itu akan di salurkan di tahun 2021, mengingat kekurangan itu sudah dianggarkan di anggaran DAK 2021.

“Kekurangan itu sudah kembali anggaran di tahun 2021 ini, bila anggaran DAK sudah masuk ke daerah kekurangan itu akan disalurkan ke penerima, kita pastikan jika itu tidak akan menggangu TPG 2021,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menghimbau kepada guru yang mendapat TPG agar bersabar, pastinya hak hak mereka tidak akan hilang dan akan di tetap dibayarkan. “Ya harus bersabar, jika uangnya sudah masuk ke Kasda tentunya akan dibayar,” himbaunya. (rat)