Usulkan Rest Area Diperbanyak untuk Hidupkan Perekonomian Warga 

Bupati Muba Dodi Reza rapat tindaklanjut Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Ruang Rapat Utama Kantor Staf Presiden, Senin (11/01/2021). foto: Dinkominfo Muba

JAKARTA, PALPOS.ID – Progress pembangunan jalan Tol Trans Sumatera menjadi perhatian serius Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex.

Betapa tidak, jalan Tol Trans Sumatera pada ruas Betung (Sp. Sekayu) – Tempino – Jambi sepajang 131 km yang merupakan proyek strategis nasional dan program strategis di Kabupaten Muba tersebut sedikitnya melintasi enam Kecamatan di Muba.

Diantaranya Kecamatan Babat Supat, Kecamatan Lais, Kecamatan Keluang, Kecamatan Sungai Lilin, Kecamatan Tungkal Jaya dan Kecamatan Bayung Lencir.

“Ini tentu akan ada pengaruhnya bagi perekonomian warga, oleh sebab itu exit Tol Trans Sumatera ini harus terhubung dengan golden triangle atau segitiga emas dan kawasan industri hijau di Kabupaten Muba,” ungkap DRA usai menghadiri Rapat Tindak Lanjut Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Kabupaten Musi Banyuasin di Ruang Rapat Utama Kantor Staf Presiden, Gedung Binga Jakarta Pusat, Senin (11/01/2021).

DRA mengungkapkan, pihaknya telah melakukan peningkatan jalan Sukarami-Simpang Sari- Tanah Abang-Saud-Selabu- Dawas-Berlian Makmur (C2) yang dilakukan di sepanjang 23,315 kilometer.

“Jalan ini merupakan salah satu ruas jalan strategis Kabupaten yang menghubungkan 2 ruas jalan nasional yaitu jalan negara Sekayu- Mangun Jaya – Lubuk Linggau dan jalan negara Betung – Sungai Lilin – Jambi,” jelasnya.

Lanjutnya, Pemkab Muba juga mengusulkan agar rest area diperbanyak nantinya demi menghidupkan perekonomian warga sekitar. “Nanti kan pelaku UMKM di Muba bisa menghidupkan perekonomian mereka di lokasi rest area, ini akan terus kita perjuangkan,” tegasnya.

Sementara Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta didampingi Tenaga Ahli Utama KSP, Helson Siagian mengatakan dalam kesempatan rapat ini pihaknya sengaja mengundang para pemangku kepentingan untuk realisasi percepatan pembangunan infrastruktur jalan Tol.

“Masukan dan rencana pak Bupati akan kami tampung, dan ini jelas tujuannya untuk memajukan daerah Muba serta menghidupkan perekonomian warga yang dilintasi jalan Tol khususnya bagi pelaku UMKM,” ulasnya. (rom)