DLH Rutin Kelola Sampah TPA, Ini Kendalanya?

Kepala DLH dan Kabid Limbah B3 saat melakukan pengelolaan sampah di TPA menggunakan alat berat, Rabu (13/01/2021). Foto: padri/Palpos.id

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Agar tumpukan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) tidak menggunung dan merusak lingkungan sekitarnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang secara rutin melakukan pengelolaan sampah di TPA tersebut mengunakan beberapa alat berat berupa excavator dan dozer.

Pengelolaan sampah di TPA langsung dipimpin Kepala DLH bersama kabid limbah B3 Sukarno, dan dibantu anggota lainnya. “Pengelolaan sampah ini biasanya dilakukan seminggu sekali secara rutin, agar sampah di TPA tidak menumpuk dari pengangkutan armada sampah di beberapa wilayah di Tebing Tingggi,” kata Sukarno, Rabu (13/01/2021).

Sedangkan untuk pengangkutan sampah diberbagai wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, menggunakan empat mobil sampah dan satu mobil kontainer. “Yang ditempatkan di beberapa titik di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi. Apabila sudah penuh langsung diangkut petugas,” ucapnya.

Dengan pengelolaan sampah di TPA lanjutnya, agar lingkungan tetap terjaga hingga sampah bisa dimanfaatkan dan dipilah kembali. “Tidak boleh dibakar, namun dikelola dengan sistem ditimbun secara berlapis dengan tanah,” ungkapnya.

Namun dilapangan, sambungnya, terdapat banyak kendala seperti pendanaan dan alat serta SDM-nya. “Salah satu alat berat sering rusak, jadwal pengelolaan yang lama karena terkendala dana. Sumber daya manusia (SDM) yang belum mengerti tentang pengelolaan sampah dan masih banyak lainnya,” tukasnya. (pad)