Gubernur HD Akan Divaksin Pertama di Puskesmas Gandus, Dinkes Sumsel Distribusikan 30.000 Dosis Vaksin

Pengawalan ketat dilakukan Satuan Brimob Polda Sumsel saat pendistribusian vaksin Covid-19 produksi Sinovac, Selasa (12/01/2021). Foto Novry/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pemprov Sumsel fokuskan vaksinasi tahap awal untuk dua kabupaten/kota yang menjadi prioritas dari pemerintah pusat.

Selasa (12/01/2021), Kadinkes Provinsi Sumsel, Dra Lesty Nurainy Apt MKes mengatakan, 30.000 vial atau dosis vaksin produksi Sinovac siap didistribusikan ke dua kabupaten/kota.

“30.000 vaksin yang kita terima sebetulnya cukup untuk 4 Kabupaten/Kota, namun mengikuti instruksi dari pusat supaya Sumsel fokus kepada 2 Kabupaten/Kota terlebih dahulu, yaitu Palembang dan OKI,” ungkapnya.

Lesty menjelaskan, sejak 4 Januari lalu, 30 ribu vial atau dosis vaksin sudah datang, dan baru akan didistribusikan karena EUA (Emergency Use Authorisation) sudah dikeluarkan oleh BPOM dan fatwa halal dan suci dari MUI juga sudah dikeluarkan.

“Artinya ini semua sudah bisa didistribusikan dan segera akan dilakukan vaksinasi kepada masyarakat. Pun pada tahap pertama ini untuk SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan) yaitu tenaga kesehatan beserta penunjang nya,” kata dia.

“Hari ini kota Palembang yang sudah siap kita serah terimakan vaksin ini untuk segera dibawa dipindahkan ke gudang vaksin yang ada di Dinkes kota Palembang. Dan untuk didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah didaftarkan. Yaitu di Rumah Sakit maupun Puskesmas,” tambahnya.

Lesty menginformasikan bahwasanya vaksin ini cukup untuk 2 dosis atau 2 kali penyuntikan sehingga tuntas. “Dalam pendistribusian vaksin tahap pertama, Kabupaten OKI mendapat 6.400 dosis sedangkan kota Palembang 23.600 dosis, jadi total 30.000 dosis. Karena penduduk di Palembang banyak, maka nakesnya otomatis paling banyak juga,” ujar Lesty.

Untuk vaksinasi perdana rencananya akan dilaksanakan di Puskesmas Gandus, Kamis (14/01/2021). “Gubernur Sumatera Selatan yang pertama akan divaksin, dan Gubernur HD sudah mengatakan itu. Inshaa Allah semua akan diberi kemudahan dan kelancaran. Dan semua faskes semuanya sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi,” tandasnya. (nov)