Siapkan Gudang Farmasi dan Petugas Penyuntikan Sinovac

Ilustrasi vaksin covid-19. foto: istimewa/pemkot pekanbaru

PAGARALAM, PALPOS.ID – Meskipun belum ada jadwal pasti pelaksanaan vaksinasi sinovac, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pagaralam sudah melakukan persiapan.

Diantaranya, menyiapkan beberapa lokasi yang dijadikan tempat penyuntikan vaksin, khususnya bagi tenaga kesehatan ataupun masyarakat nantinya.

“Lokasinya di rumah sakit (RSUD Besemah, red), dan di tiga pusat kesehatan masyarakat, diantaranya Puskesmas Sandar Angin, Puskesmas Bumi Agung dan Puskesmas Pengandonan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Desi Elviani SE MM, melalui Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Suwirman kepada awak media, Selasa (12/01/2021).

Suwirwan menegaskan, untuk rencana awal penyuntikan vaksin dimaksud difokuskan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Garda terdepan lainya. Ia mengatakan, selain menyiapkan tempat pelaksanaanya, Dinkes juga menyiapkan sebanyak 45 orang tenaga pelaksana yang diambil masing-masing 5 orang dari 7 Puskesmas yang ada di Kota Pagaralam, dan 10 orang pelaksana dari RSUD Besemah Kota Pagaralam.

Bagaimana untuk pengamanan drooping sinovac? Lanjut Suwirman, bahwa pihak Pemkot Pagaralam dalam hal ini Dinas Kesehatan, sudah menyiapkan tempat khusus. “Sudah kita siapkan, yaitu di gudang farmasi milik Dinkes Kota Pagaralam,” katanya.

Sementara, sebelumnya Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengungkapkan bahwa Pemkot Pagaralam sudah menyiapkan skema, terkait pelaksanaan vaksinasi ini. Yang rencana awal sasarannya selain garda terdepan, dalam hal ini petugas kesehatan, juga masyarakat.

Tidak hanya itu, Walikota juga menyampaikan, pejabat publik juga akan diberikan vaksin. Karena pejabat publik mesti jadi contoh untuk menguatkan bahwa vaksin Covid-19 aman. Sementara untuk masyarakat umum, Pemkot masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Yang pasti vaksin gratis. Artinya, masyarakat tak perlu merogoh kocek lagi, dan ini sesuai instruksi Presiden Jokowi,” katanya seraya mengatakan vaksin akan diberikan duakali dengan rentang waktu dua pekan dari vaksinasi pertama. (faj)