Volume Air Sungai Musi di Empat Lawang Meninggi

Volume air Sungai Musi yang meninggi dan airnya terlihat keruh, Selasa (12/01/2021). Foto: padri/Palpos.id

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Mengingat dalam sepekan ini, intensitas curah hujan semakin tinggi mengakibatkan volume air Sungai Musi meninggi.

“Dari semalam air musi besar dan berkeruh, hingga siang ini tambah membesar, mungkin karena hujan di daerah ulu,” kata Alek (31), warga Tebing Tinggi yang saat itu melihat Sungai Musi dari jembatan, Selasa (12/01/2021).

Dengan kondisi volume Sungai Musi yang kian meninggi, maka BPBD Empat Lawang telah mengambil langkah-langkah mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Diantaranya menyiapkan status siaga darurat bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, membentuk posko siaga bencana untuk pengaduan apabila ada kejadian bencana. Serta telah berkoordinasi dan tersurat ke OPD DLH dan PUPR untuk kesiapan alat berat apabila ada longsor, terakhir menyiapkan tim reaksi cepat untuk siap siaga bencana.

“Ini sudah kita lakukan dan  persiapkan untuk langkah kedepan akan BPBD lakukan penyebaran informasi bencana dibeberapa daerah yang rawan,” kata Kepala BPBD Sahrial Podril, melalui kabid kesiapsiagaan Harry Pratama, Selasa (12/01/2021).

Dijelaskan Harry, ada tujuh kecamatan diantara 10 kecamatan di Kabupaten Empat Lawang yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor.

“Tujuh kecamatan itu yakni Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Ulu Musi, Kecamatan Paiker, Kecamatan Sikap Dalam, Kecamatan Pendopo, Kecamatan Pendopo Barat, dan Kecamatan Talang Padang,” jelasnya.

Kendati demikian dirinya tetap mengingatkan kepada masyarakat empat lawang agar tetap berwaspada mengingat puncak musim hujan di Provinsi Sumsel masih berlanjut.

“Berdasarkan data dari BMKG Provinsi Sumsel puncak musim hujan dimulai awal desember 2020 hingga bulan maret 2021. Diharapkan masyarakat agar waspada akan terjadinya banjir dan longsor, karena Kabupaten Empat Lawang berdasarkan kondisi geografis rentan akan terjadi longsor dan banjir,” tukasnya. (pad)