DPRD Sumsel Segera Ambil Langkah Kongkrit Terkait Sengketa Pondok Mesudji di Yogyakarta

Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noerihati SH MH bersama anggota DPRD Sumsel Nadia Basjir saat melakukan pertemuan dengan Tim Kuasa Hukum penghuni Pondok, Rabu (13/01/2021). Foto: humas dprd sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID – Buntut aksi massa melakukan pengrusakan Pondok Mesudji di Kota Yogyakarta beberapa waktu yang lalu, mendapat perhatian berbagai pihak. Termasuk Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj RA Anita Noeringhati.

Anita mengaku siap membantu upaya penyelesaian sengketa Pondok Mesudji di Kelurahan Wirobrajan, Yogyakarta. Sifat bantuan ini berupa penelusuran dokumen-dokumen terkait kepemilikan tanah dan bangunan tersebut.

“Kami akan melakukan langkah-langkah konkrit atas penyelesaian masalah Pondok Mesudji sesuai dengan kewenangannya, yang sekaligus melakukan inventarisasi asset-asset Pemprov Sumsel diwilayah DIY,” kata Anita bersama  anggota Sumsel DPRD Nadia Basjir saat melakukan pertemuan dengan Tim Kuasa Hukum penghuni Pondok Mesudji terdiri H Ramdlon Naning SH MS MM Cs, Rabu (13/01/2021).

Pertemuan juga disaksikan para penghuni Pondok Mesudji maupun Alumni, diantaranya Hepni dan Jhonsi Hartono. Anita menegaskan, Pondok Mesudji sejak awal peruntukannya untuk asrama mahasiswa. Sehingga perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut mengenai legalitas dan eksistensi asrama. Ia juga menjadwalkan mempertemukan Tim Kuasa Hukum guna audiensi dengan Gubernur Sumsel.

Usai berkunjung ke Asrama Mahasiswa “Pondok Mesudji” sekitar pukul 12.00, Ketua DPRD Provinsi Sumsel melanjutkan kunjungan ke Asrama Mahasiswa “Balai Sriwijaya” untuk bertemu dengan mahasiswa terhimpun dalam IKPM Provinsi Sumsel.

Advokat Ramdlon Naning menyambut baik kedatangan Anita selaku Wakil Rakyat, demikian pula dukungan yang diberikannya untuk ikut menelusuri dokumen-dokumen kepemilikan tanah dan bangunan tersebut.

“Kami selaku kuasa hukum penghuni asrama ini mengucapkan terimakasih kepada Bu Anita yang sudi datang ke sini, serta memberikan dukungan. Semoga kelak persoalannya jadi terang benderang,” katanya. (opa/rilis)