Pemkot Terus Lakukan Persiapan Suntik Vaksin

dr Happy Tedjo, Kadinkes Prabumulih. Foto: istimewa/diskominfo prabumulih

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Menjelang menunggu jadwal pelaksanaan suntik vaksin covid-19 di Kota Prabumulih, berbagai persiapan terus dilakukan Dinkes Kota Prabumulih. Mulai dari menyiapkan tenaga vaksinator, fasilitas kesehatan serta target penyelesaian untuk penyelengaraan vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Prabumulih, dr H Happy Tedjo mengatakan, pihaknya menyiapkan 16 fasilitas kesehatan (faskes) yang akan melayani suntik vaksin Covid-19 nantinya. “Kita menyiapkan 9 Puskesmas, 4 Rumah Sakit dan Poliklinik Polisi dan Abri, sebagai tempat suntik vaksin,” ujar Tedjo.

Dikatakan Tedjo, pihaknya menargetkan sasaran sebanyak 107.205 masyarakat untuk disuntik vaksin yang terdiri dari tenaga kesehatan maupun masyarakat dengan usia 18 tahun ke atas. “Dengan jumlah sasaran sebanyak itu dan jumlah faskes yang disiapkan pelaksanaannya ditargetkan rampung 4,5 bulan,” ungkapnya, Kamis (14/01/2021).

Dikatakannya, berdasarkan kebijaksaan dari pemerintah pusat dan dari hasil telekonfrence prioritas penerima vaksin merupakan daerah ibukota dan sekitarnya. “Itu aturan dari pusat dan kita akan ikuti itu,” bebernya seraya mengatakan di Prabumulih di hitung sehari per faskes 60 orang jadi kita selesainya 4,5 bulan.

Disinggung mengenai petugas vaksin atau vaksinator, menurut dr Tedjo untuk Kota Prabumulih pada dasarnya masing-masing faskes telah memiliki vaksinator. Sehingga untuk pelatihan yang dilakukan oleh Provinsi sifatnya penyegaran.

“Petugasnya banyak, tapikan nantikan ada yang ditugaskan. Tapi secara pihak Puskesmas, Rumah Sakit semua ada. Secara umum sudah ahli karenakan rutin, keterampilannya sudah terampil,”imbuhnya.

Masih kata Tedjo, meski kepastian kedatangan vaksin masih menunggu. Namun, untuk alat penyimpanan vaksin dinkes sudah siap. “Di setiap Puskesmas ada alat penyimpanan, di gedung farmasi juga ada,” pungkasnya. (wan)