Assesmen Nasional Akan Digelar Maret 2021

H Riza Pahlevi, Kepala Disdik Provinsi Sumsel. foto: cuci/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Terkait kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim tahun ini resmi mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Assesmen Nasional. Rencananya Assesmen Nasional ini sendiri akan digelar pada Maret 2021 mendatang.

Kepala Disdik Provinsi Sumsel H Riza Pahlevi mengatakan, nantinya Assesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

“Jadi Inshaa Allah, kalau tidak ada halangan pada Maret nanti akan dilaksanakan Assesmen Nasional, dari jenjang SD, SMP, dan SMA,” kata Riza saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/01/2021).

Menurut Riza, tujuan utama pemerintah mengganti UN dengan Assesmen Nasional adalah untuk melihat pemetaan mutu pendidikan, menilai, mengevaluasi semua komponen yang ada pada warga di sekolah.

“Jadi Assesmen Nasional ini bukan menentukan kelulusan bagi anak, tapi sudah menilai secara menyeluruh. Namun siswanya yang menjadi sampel tujuan dari pusat,” ungkap Riza.

Dalam pergantian UN menjadi Assesmen Nasional ini kata Riza, tentu diperlukan sosialisasi terhadap sekolah-sekolah. “Karena perdana dilakukan Assesmen Nasional, jadi patut disosialisasikan, pemahaman kepada semua warga sekolah. Alhamdulillah kita sudah mengambil langkah-langkah yang berkesinambungan,” terang Riza.

Tentu dalam pelaksanaan Assesmen Nasional, Lanjut Riza, sarana dan prasarana disekolah tersebut harus lengkap. “Seperti komputer, dan peralatan lainnya. Jika sarana dan prasarana siswa di sekolah tersebut belum lengkap, untuk awal ini bisa menumpang pada sekolah-sekolah yang sudah lengkap, yang penting Asesemen Nasional harus tetap jalan,” tutup Riza. (uci)