Kotak Amal Gagal Dicuri, Juherdi Masuk Penjara

Juherdi (27) pelaku pencuri kotak amal di Masjid Istiqomah, saat diamankan di Mapolsek Sukarami, Minggu (17/01/2021). Foto: diansyah/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Tak satu kotak amal pun berhasil dibawa kabur, Juherdi (27), warga Jalan Sukawinatan, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, malah diamankan warga yang melihat aksinya bersama tim anggota opsnal Polsek Sukarami yang sedang hunting.

Pelaku ditangkap usai gagal mencuri salah satu kotak amal di Masjid Istiqomah Jalan Sukabangun II, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang, Minggu (17/01/2021).

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Sukarami Kompol Satria Dwi Darma, melalui Kanitreskrim Iptu Hendri Permana, membenarkan peristiwa penangkapan pelaku pencurian kotak amal itu.

“Iya benar, kami berhasil mengamankan seorang pelaku yang mengambil salah satu kotak amal di Masjid Istiqomah itu,” ungkapnya, Senin (18/01/2021).

Ditambahkan Hendri, kronologis kejadian yakni berawal dari seorang saksi yang melihat pelaku masuk ke dalam masjid Istiqomah. Di masjid katanya, pelaku yang memakai sepatu dan baju jaket tersebut langsung menuju ke arah kotak amal yang berukuran besar.

Namun, saat diangkat, kotak amal tersebut tidak bisa dibawa karena di pasang rantai, sehingga dia beralih ke kotak yang lain. “Ketika pelaku mengangkat kotak amal yang berada di samping mimbar dan ingin membawanya kabur keluar masjid. Ada orang yang melihat aksinya, kemudian dia melarikan diri. Tetapi, warga berhasil menangkap pelaku bersama anggota opsnal yang sedang hunting,” ungkapnya.

Kemudian terangnya, pelaku langsung dibawa ke Polsek Sukarami,  bersama barang bukti yakni kotak amal yang berisikan uang Rp. 300 ribu, serta jaket dan sepatu milik pelaku. (ian)