Pura-pura Beli Pulsa, Ternyata Mau Menjambret

Salah seorang pelaku diamankan di Polsek Sukarami, Selasa (19/01/2021). Foto: diansyah/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dengan motif berpura-pura membeli pulsa, Amirudin (28) dan Reza Fahlevi (19) nekat merampas Hp milik Zumari (35), penjaga counter hp di Jalan Mayor Zurbi Bustam, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang, Senin (18/01/2021), sekitar pukul 21.00 WIB.

Nahasnya, aksi kedua pelaku ini berhasil digagalkan oleh warga sekitar yang mendengar teriakan korban. Keduanya pun dihajar warga hingga babak belur, lantaran merasa kesal dengan perbuatan yang dilakukan pelaku.

Namun keduanya masih beruntung, karena anggota Polsek Sukarami cepat datang dan melerai warga yang menghajar mereka. Diketahui kedua pelaku merupakan warga Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Kapolsek Sukarami, Kompol Satria Dwi Darma melalui Kanit Reskrim Iptu Hendri mengatakan, bahwa kedua pelaku memang sengaja berkeliling untuk mencari mangsa.

“Mereka ini memang sengaja berkeliling sebelum melakukan aksinya. Dari KM 5 berniat untuk menjambret dengan menggunakan satu unit sepeda motor Honda Beat tanpa plat,” ungkapnya, Selasa (19/01/2021).

Ditambahkannya, saat tiba di TKP, satu pelaku turun dari motor dan mendekati korban yang saat itu sedang memegang handphone. Dan pelaku satunya lagi menunggu di atas motor untuk mengawasi keadaan.

“Antara pelaku dan korban ini sempat terjadi tarik menarik hingga korban terjatuh. Saat itulah, kedua pelaku langsung kabur namun diteriaki oleh korban sehingga para pelaku dikejar warga dan diamuk massa,” ungkapnya.

Diteruskannya, dari tangan para pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti satu unit Hp Xiaomi milik korban dan satu unit sepeda motor Honda Beat tanpa nomor polisi.

“Saat ditanya petugas, para pelaku ini mengaku kalau mereka berencana akan menjual hp itu. Dan uang hasil penjualannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di Palembang,” tutupnya.

“Dari pengakuan kedua pelaku, mereka berencana akan menjual Hp itu dan uangnya untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di Palembang,” tuturnya. (ian)