Terkait Pengiriman Vaksin Covid-19, Tunggu Perintah Pemprov Sumsel

Ilustrasi vaksin covid-19. foto: istimewa/pemkot pekanbaru

LAHAT, PALPOS.ID – Pengiriman vaksin Covid-19 dari Pemprov Sumsel ke Kabupaten Lahat, hingga kini belum menemui titik terang atau belum diketahui secara pasti. Meskipun, Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat sudah menanyakannya.

“Sampai sekarang belum ada perintah dari provinsi untuk mengambil vaksin untuk Kabupaten Lahat,” Kata Kabid SDK, M Kazrin Faruk SKM MM saat dikonfirmasi, Selasa (19/01/2021). Untuk yang telah melaksanakan kemarin Kota Palembamg dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Sebelumnya, Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Taufiq M Putra SKM MKEs mengatakan, Kabupaten Lahat mendapatkan sebanyak, 1.778 dosis vaksin merk Sinovac untuk tahap pertama, yang diperuntukan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) terlebih dahulu.

Jumlah tenaga kesehatan yang tersebar di Kabupaten Lahat,  termasuk klinik swasta sebanyak 2.673 orang. Sedangkan pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 33 Puskesmas, RSUD, RS DKT dan klinik swast, dengan disiapkan sebanyak 716 vaksinator terlatih.

“Sekarang (Vaksin)  masih berada di provinsi dijaga 24 jam oleh Brimob. Untuk proses lenjemputan vaksin, akan dikawal oleh oleh brimob, menggunakan kendaraan barakuda dan kendaraan patroli. Kemudian, gudang tempat vaksin dengan 10 kulkas sudah siap,” sampainya. (ari)