Kasus Covid-19 di Muara Enim Kembali Meledak

ilustrasi vaksin covid-19. foto: istimewa/suarasurabaya.net

Bertambah 26 Kasus Baru, 2 Pasien Positif Meninggal

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Kewaspadaan masyarakat Muara Enim akan Covid-19 tak boleh mengendur. Sebab kasus baru Covid-19 meledak lagi.

Sesuai data tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim, kasus positif Covid-19 di Bumi Serasan Sekundang kembali meningkat drastis, Rabu (20/01/2021).

“Terdapat tambahan 26 kasus baru di Muara Enim, terbanyak didapat di Kecamatan Lawang Kidul 20 kasus dan Muara Enim sebanyak 6 kasus,” kata Wakil Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Muara Enim, Supri Ahmad.

Menurut Supri, lonjakan kasus baru tersebut diakibatkan lantaran pihak rumah sakit baru melaporkan data ke tim Satgas. “Banyak kasus-kasus lama yang baru terlaporkan dari rumah sakit khususnya swasta seperti RS Bukit Asam Medika (BAM) Tanjung Enim, Lawang Kidul,” ungkapnya.

Dengan tambahan itu, menambah angka kasus aktif Covid-19 di Muara Enim menjadi 107 orang. Adapun dari 107 kasus tersebut sebanyak 16 pasien dirawat intensif di Rumah Sakit. Sedangkan 91 pasien lainnya hanya menjalankan isolasi di rumah karena tanpa disertai gejala.

Supri menuturkan, selain tambahan kasus baru, tim satgas juga mencatatkan tambahan kasus meninggal akibat Covid-19. Sebanyak 2 pasien di Kecamatan Lawang Kidul dinyatakan meninggal. “Sehingga total pasien meninggal akibat terpapar Covid-19 di Muara Enim kini mencapai 56 orang,” tuturnya.

Sementara total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Muara Enim, sampai 20 Januari 2021 telah menembus 1.123 orang. Dengan angka kesembuhan mencapai 960 orang.

Supri melanjutkan, pihaknya juga mewaspadai penambahan kasus baru dengan masih memantau sebanyak 104 orang suspek (ODP+PDP). Selain itu, tim Satgas juga mengawasi sebanyak 39 orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19. (ozi)