Pelantikan Kepala Daerah Terpilih di Griya Agung

H Herman Deru, Gubernur Sumsel. foto: humas pemprov sumsel

BATURAJA, PALPOS.ID – Pelantikan Kepala Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember 2020 yang lalu, hampir dapat dipastikan akan dilaksanakan di Griya Agung Palembang.

“Sampai dengan saat ini tidak ada perubahan tanggal yakni 17 Februari 2021 semua Bupati dan Walikota yang menang Pilkada,” ucap Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

Dikatakan Deru, karena pelantikan Bupati dan Walikota merupakan acara sakral, sehingga pelantikan Kepala Daerah tersebut dilaksanakan di Griya Agung.

“Terkait gugatan di MK, itulah manfaat Pilkada serentak. Artinya, harus ada keseragaman dalam pelayanan. Jadi, MK tentu akan segera yang sudah terigester mungkin sidangnya diperbanyak, jumlah dan jam persidangannya. Sehingga, sebelum 17 Februari, Surat Keputusan Mendagri atas nama Presiden untuk Gubernur melantik Kepala Daerah terpilih,” terang Deru, Kamis (21/01/2021).

Untuk diketahui, pasangan calon Drs H Kuryana Azis – Drs Johan Anuar SH MM, berhasil meraih 116.778 suara pada Pilkada OKU yang dilaksanakan, Rabu, 9 Desember yang lalu. Sementara, kolom kosong meraih 63.166 suara.

Perolehan suara ini terungkap dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU 2020, yang digelar KPU OKU, Selasa (15/12/2020), di Gedung SKB Baturaja. (eco)