Parkir Wisata Bedegung Tetap Dikelola Pemkab

Asisten II memimpin rapat kooordinasi (Rakor) pengelolaan parkir di Destinasi Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung, Rabu (21/04/2021). Foto: diskominfo muara enim

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Pemkab Muara Enim menegaskan terkait keinginan salah satu desa ingin mengelola parkir di wisata air terjun Curup Tenang Bedegung, tidak bakal terwujud.

Soalnya, pengelolaan lahan parkir dalam wisata Bedegung telah diatur dengan Perda Kabupaten Muara Enim Nomor 8 Tahun 2014 tentang UPTD.

Penegasan disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH saat memimpin rapat Pengelolaan Parkir di Destinasi Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung, Selasa (21/04/2021).

Dalam rapat itu dihadiri oleh Kadis Pariwisata dan Ekraf Isdrin, Kasat Pol PP Musadeq, perwakilan Bapenda, Dishub, Camat Panang Enim Mei Fajar Haryadi dan instansi terkait.

Menurut Camat Panang Enim Mei Fajar, bahwa adanya keinginan andil Desa Bedegung melalui Bumdesnya untuk mengelola lahan parkir dan penyewaan perahu karet untuk kegiatan wisata arung jeram di lokasi wisata Bedegung Muara Enim, dengan tujuan untuk menambah PADes Bedegung.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Riswandar SH MH, mengatakan setelah pihaknya meneliti dan peraturan yang ada, ternyata untuk masalah pengelolaah parkir di lokasi wisata Bedegung itu ada aturannya dan tidak ada cela untuk kerjasama dengan pihak ketiga.

Lain halnya jika lahan parkir dipinggir jalan itu bisa dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Apalagi lokasi wisata Bedegung itu, sarana dan prasarananya dibangun oleh Pemkab Muara Enim dan telah lama dikelola Pemkab Muara Enim.

Ditambahkan Suhardi dari perwakilan Bapenda Muara Enim, sependapat untuk tidak dilakukan kerjasama pihak ketiga untuk masalah parkir di Bedegung. Sebab selain menyalahi aturan, jika dipaksakan akan menjadi permasalahan hukum kedepan.

Terpisah, Kadis Pariwisata dan Enkraf Isdrin, Pemkab Muara Enim harus berpatokan dengan aturan. Sebab masih banyak yang lain bisa dikerjasamakan dilokasi wisata Bedegung. “Kita lihat saja wisata air terjun ditempat lain, kita bisa contoh untuk di Bedegung asal didukung oleh semua pihak,” jelasnya. (ozi)