Ridho Perbolehkan Masjid Gelar Salat Idul Fitri

Ir H Ridho Yahya, Walikota Prabumulih. Foto: humas pemkot prabumulih

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Kabar gembira bagi umat muslim di Kota Prabumulih. Pasalnya, Pemkot Prabumulih tidak melarang alias memperbolehkan warga untuk melaksanakan salat Idul Fitri  1442 H di masjid.

“Boleh Salat Ied (di masjid,red),” ujar Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM diwawancarai usai penyerahan dan zakat/infak berupa kunci rumah layak huni yang telah dibangun Baznas, di pendopoan rumah dinas, Selasa (04/05/2021).

Namun untuk dapat salat di masjid sambung Ridho, masyarakat dan juga pengurus masjid harus menjalankan protokol kesehatan. ‘’Boleh salat Ied protokol kesehatan menjadi hal utama, protokol kesehatan menjadi prioritas utama,” ucapnya.

Ditanya apakah Pemkot Prabumulih akan menempatkan petugas kesehatan disetiap masjid yang menyelenggarakan salat ied? Ridho secara tegas mengatakan pihaknya tidak akan melakukan hal itu.

“Kukira tidaklah (menempatkan tenaga kesehatan di masjid), yang penting kalau dia idak (menjalankan prokes) tidak boleh dia salat (di masjid) tidak boleh dilaksanakan,” ungkapnya.

Dikatakan pria yang hobi olahraga bulu tangkis itu, sebelum penyelenggaraan salat idul fitri terlebih dahulu akan ada komitmen dari pihak masjid dan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. “Nanti ada komitmen mereka, dia boleh salat sepanjang menjalankan protokol kesehatan, menjaga jarak dan memakai masker,” tuturnya.

Lebih lanjut Ridho menuturkan, saat ini kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan sudah cukup tinggi. “Sudah sadar galo masyarakat sekarang, sudah pake masker galo. Kalu nak keno yo bukan karena itu (Salat di masjid) penyebabnya kalau menurut aku,” kata Ridho seraya mengatakan saat ini saja meski tidak diingatkan masyarakat salat sudah menjaga jarak.

“Aku kan safari ramadhan keliling-keliling, pakai masker galo jago jarak galo. Protokol kesehatan sudah dijalankan, lihat saja di masjid-masjid protokol kesehatan sudah dijalankan,” pungkasnya. (wan)