Bupati Terima Sertifikat SK Varietas Padi Lokal Mura

Bupati Mura Hj Ratna Machmud menerima SK varietas padi lokal, Jumat (11/06). Foto: humas pemkab mura

MUSI RAWAS, PALPOS.ID – Dua variestas padi lokal asal Mura mendapat sertifikasi padi unggul dari Kementerian Pertanian. Hal itu ditandai dengan pemberian Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian Nomor: 90/HK.540/C/03/2021 dan Nomor: 89/HK.540/C/03/2021, tentang pelepasan calon varietas padi sawah DR-06 sebagai varietas unggul dengan nama ‘Dayang Muratan 1 dan Dayang Muratan 4’.

Dua SK Varietas padi lokal tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Prof Dr Ir Anhar Riza Antariksawan, dan diterima Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, di  Kawasan Nuklir Pasar Jumat-PAIR BATAN, Jakarta, Jumat (11/06).

Dalam kesempatan itu, Kepala BATAN didampingi Deputi Bidang PTN Drs Totti Tjiptosumirat M Rur Sci, Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) Dr Roziq Himawan M Eng Bapak/Ibu Para Peneliti Pertanian menyampaikan rasa terima kasih dan suatu kehormatan dapat bersilahturahmi dengan Bupati Mura dan rombongan.

Kerjasama ini sudah lama terjalin dengan pemerintah Kabupaten Mura. “Diharapkan kedepan kerjasama ini terus berlangsung untuk kemajuan dan kesejahteraan petani di Kabupaten Musi Rawas,” katanya.

Menurutnya, banyak teknologi yang telah dikembangkan dan tersedia di BATAN. Selain bidang pertanian, ada juga bidang kesehatan, industri dan peternakan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang sebesarnya atas sambutan yang diberikan oleh Kepala BATAN dan pejabat serta staf dilingkungan Kantor BATAN kawasan nuklir pasar jumat-PAIR BATAN jakarta.

Dikatakannya, Kabupaten Musi Rawas pernah menyandang  sebagai Kabupaten lumbung pangan. “Untuk padi dayang rindu ini sudah sangat lama, semasa kecil saya sudah mendengarnya dan sangat diminati baik dari rasa dan aromanya yang harum,” terang Bupati.

Bupati juga berharap Kepala BATAN dan jajarannya terus membantu Kabupaten Mura mengembangkan pertanian perkebunan maupun peternakan melalui teknologi di BATAN.

Sementara itu, sebelum acara berakhir, Kepala BATAN beserta jajaran mengajak Bupati Musi Rawas melihat secara langsung lokasi teknologi rekayasa bibit unggul di kawasan nuklir pasar jumat. (*/rilis)