Budaya Muba Diusulkan Diverifikasi Warisan Budaya

Tari Stabek yang termasuk dalam budaya Muba. Foto: Istimewa

SEKAYU, PALPOS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), mengusulkan budaya yang ada di Muba, untuk diverifikasi masuk Warisan Budaya.

Hal tersebut dilakukan guna melestarikan budaya Muba, serta mengenalkan Budaya Muba ke semua, serta anak cucu nanti. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muba Musni Wijaya, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Muardi, Rabu (16/06).

“Kita mengusulkan verifikasi tersebut untuk mengantisipasi, agar tidak ada yang mengklaim budaya Muba. Dimana budaya tersebut memang asal dan aslinya dari Muba. Makanya kita ingin menghak Paten kan budaya Muba,” ujar Muardi.

Salah satu Budaya Muba yang sudah masuk Warisan Budaya, sambung Muardi, yakni Senjang. “Budaya Senjang ini sudah diakui nasional. Untuk Budaya Senjang ini ada piagam dari Kementerian Pendidikan, dimana masuk Warisan Budaya Tak Benda,” ungkapnya.

Lanjutnya, Budaya Muba sendiri banyak selain Senjang, misalnya Tari, ada Tari Stabek, Tari Mantang Parah, Tari Burung Putih, Begambo.

“Ado jugo makanan Pindang Sekayu, Gulai Palu, Sagon,dan Berlemang di Sungai Keruh. Semua itu warisan Nenek Moyang kita, makanya perlu kita jaga dan lestarikan,” urainya.

Selain mengusulkan, pihaknya juga membuat buku tentang budaya Muba, dan mengusulkan ke sekolah agar masuk di mata pelajaran muatan lokal. “Kita juga akan terus mencari dan menggali lagi budaya di Muba ini,” pungkasnya. (*)